Pengumuman ( 5):

Dirjen SDA : Bekerja Lebih Keras, Bergerak Lebih Cepat dan Bertindak Lebih Tepat


Print Friendly and PDF
Foto : 01092015
Kita semua sudah sepakat bahwa penyerapan pada Desember 2015 ini sebesar 93% sedangkan untuk percepatan tender bulan September harusdilakukan tender dan akhir Desember seluruh pekerjaan paket harus sudah selesai ditender. Kedua hal tersebut sesuai dengan Instruksi Menteri PUPR No. 23 tahun 2015 tentang Percepatan Pelaksanaan Anggaran Tahun 2015 dan Pelelangan Dini Tahun 2016 di Kementerian PUPR. Untuk itu saya ingin menyampaikan bahwa Pertama, progress fisik Ditjen SDA sampai dengan 31 Agustus 2015 sudah 44% dan progress keuangansudahsampai 36,33% berarti sudah diatas rata-rata KementerianPUPRdanharusdipertahankansampaiakhirtahun,” jelas Mudjiadi, Direktur Jenderal SDA, pada saat Rapat Kerja Evaluasi Tengah Tahun Pelaksanaan Program TA 2015 dan Persiapan Pelaksanaan Program TA 2016, di Jakarta (010915).

Mudjiadi melanjutkan bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu pertama, dalam rangka percepatan kegiatan tahun 2015, sebagai upaya menggerakkan roda perekonomian, dalam belanja infrastruktur semakin cepat progress keuangan akansemakin cepat efek yang diberikan bagi perekonomian masyarakat dengan kata lain semakin cepat infrastruktur terbangun maka semakin cepat pula pemanfaatan sarana dan prasarana oleh masyarakat. Kondisi ekonomi kita saat ini hanya bisa digerakkan dengan pembiayaan pemerintah karena sektor swasta sedang melemah dan satu-satunya yang diharapkan dari sektor pemerintah adalah infrastruktur, dimana salah satu penyerapan terbesar ada di KementerianPUPR. Roda perekonomian kita semakin meningkat apabila penyerapan dana infrastruktur itu juga ditingkatkan.

Kedua, untuk mempercepat dan memperbesar transaksi di awal tahun 2016. Maka diinstruksikan lelang dini mulai bulan September 2015 hinggaJanuari 2016 sehingga diharapkan pada bulan Januari sudah ada kegiatan yang terkontrak dan pelaksanaan kegiatannya. Dan kemungkinan besar akan ditagih untuk bulan Januari sudah ada penyerapan.

“Dari pagu anggaran 30,5 trilyun, yang terserap baru 11,1trilyun, yang masih harus diserap adalah 19,4 trilyun dengan waktu efektif 3,5 bulan (185 milyar perhari) karena itu memerlukan kerja keras, bertindak tepa tdan bergerak cepat. Untuk14 proyek yang mangkrak , yang belum dapat difungsikan agar dapat cepat diselesaikan.  Dan untuk Waduk Jatigede kepada seluruh jajaran BBWS Cimanuk Cisanggarung agar dapat memantau masalah sosial yang terjadi sampai dengan selesai, masalah lingkungan kaitannya dengan konservasi DAS dan tetap memonitor masalah teknis sertadalam 3 bulan harus dapatmengeluarkan 50 ribu orang dari wilayah genangan,” kata DirekturJenderal SDA.

Khususuntuksatkerpusat, Mudjiadi mengharapkan agar melakukan evaluasi terhadap kegiatan yang tidak selesai agar dapat dilakukan realokasi pada kegiatan lain yang progresnyabaik, potensi kegiatan baik multiyears maupun pembebasan lahan dapat dipercepat dan memerlukan tambahan anggaran dari sisa lelang yang tersedia dan semuanya harus diselesaikan awal bulan Oktober sehingga pada bulan tersebut dapat dilakukan revisi untuk penambahan atau realokasi. Revisi terakhir adalah 20 Oktober.

Padakegiatan desk nanti, DirekturJenderal SDA menginginkan agar dilakukan perhitungan secara realistis dan akurat rencana penyerapan setiap bulan September, oktober dan November serta Desember, evaluasi keterlambatan pelaksanaan kegiatan 2015 baikberupakendala maupun hambatan serta upaya tindak lanjut yang diperlukan untuk mempercepat pelaksanaan dengan menambah personil, alat dan waktu kerja untuk mempercepat penyerapan anggaran. (tine/kur datinSDA)

  • Tentang Ditjen SDA

    Direktorat Jenderal Sumber Daya Air mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya air sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

  • Bantuan


    Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Gd. Ditjen Sumber Daya Air 
    Kementerian PUPR
    JL. Pattimura 20, Kebayoran Baru 
    Jakarta - Indonesia - 12110 
    Phone/Fax: (021)-7396616 (Hunting)
    Email: kompusda[at]pu.go.id atau kompu.sda[at]gmail.com

  • Publikasi

  • Media Sosial Kami


    Statistik Pengunjung
    hari ini 1
    Kemarin 707
    Online 0
    Total 340088