Pengumuman ( 5):

Dirjen SDA Mudjiadi Harapkan DI Osaka Selesai Dalam 2 Tahun


Print Friendly and PDF
Foto :

Sebagai bagian dari Program Swasembada Pangan di Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera III melakukan penandatanganan kontrak pembangunan Daerah Irigasi Osaka (Okak-Samo-Kaiti) di Gedung Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Jakarta (23/11). Hadir dalam kesempatan itu antara lain Direktur Jenderal Sumber Daya Air Mudjiadi, Direktur Irigasi dan Rawa Adang Saf Ahmad, dan Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera III Asmelita.

 

Pembangunan Daerah Irigasi Osaka ini berlokasi di Desa Lubuk Bilang, Surau Gading, Rambah Utama, Pasir Baru, karya Mukti, Larya Mulya Kecamatan Rambah dan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu, sekitar 185 kilometer dari Kota Pekanbaru. Dengan total areal irigasi seluas 3.426 ha, Daerah Irigasi Osaka terdiri dari irigasi Okak seluas 1.600 ha, Samo 1.600 ha, dan Kati 48 ha. Pembangunan saluran interkoneksi seluas 2.246 ha direncanakan berlangsung selama tiga tahun dengan anggaran Rp 114,18 miliar, sementara pelaksanaannya dilakukan oleh PT Waskita Karya.

 

Dalam sambutannya Direktur Jenderal Sumber Daya Air Mudjiadi meminta agar pembangunan Daerah Irigasi Osaka ini diselesaikan lebih cepat. "Saya mohon agar urusan administrasi dipercepat dan fokus ke penyelesaian di lapangan. Saya tantang agar Daerah Irigasi Osaka ini dapat selesai dalam dua tahun," tutur Mudjiadi.       

                                                                                                                                                                                                     
Saat selesai nanti Daerah Irigasi Osaka diharapkan dapat memberi manfaat dalam peningkatan swasembada pangan di Kabupaten Rokan Hulu, meningkatkan fungsi jaringan irigasi yang sudah dibangun, serta meningkatkan pendapatan masyarakat petani dengan ketersediaan air irigasi.

(idr-Kompu SDA)

  • Tentang Ditjen SDA

    Direktorat Jenderal Sumber Daya Air mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya air sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

  • Bantuan


    Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Gd. Ditjen Sumber Daya Air 
    Kementerian PUPR
    JL. Pattimura 20, Kebayoran Baru 
    Jakarta - Indonesia - 12110 
    Phone/Fax: (021)-7396616 (Hunting)
    Email: kompusda[at]pu.go.id atau kompu.sda[at]gmail.com

  • Publikasi

  • Media Sosial Kami