Pengumuman ( 5):

Ditjen SDA Rencanakan Pembangunan Delapan Bendungan Baru di Tahun 2016


Print Friendly and PDF
Foto : Raker 23 Des 2015

Untuk mendukung program ketahanan air, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana untuk membangun delapan bendungan baru di tahun 2016. Kedelapan bendungan itu adalah Bendungan Rukoh di Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh; Bendungan Sukoharjo di Pringsewu, Lampung; Bendungan Kuwil Kawangkoan di Minahasa Utara, Sulawesi Utara; Bendungan Ladongi di Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara; Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi di Bogor, Jawa Barat; Bendungan Leuwikeris di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat; dan Bendungan Cipanas di Sumedang, Jawa Barat.

Dengan terbangunnya kedelapan bendungan ini, diharapkan dapat menambah volume tampungan air sebesar 470,55 juta m³, mengairi lahan irigasi seluas 38,4 Ha, mereduksi debit banjir sebanyak 1,843 m³/detik, menambah debit air baku sebesar 9,79 m³/detik dan menambah daya listrik sebesar 20,74 MWA.

Pembangunan kedelapan bendungan yang akan menggunakan anggaran sekitar Rp. 9,123 trilyun ini, akan melengkapi 22 pembangunan bendungan yang tengah dalam proses pelaksanaan. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal SDA Mudjiadi, dalam Rapat Kerja Kementerian PUPR hari ke-2 di Jakarta (23/12).

Selain pembangunan bendungan, pada tahun 2016 mendatang, Ditjen SDA juga merencanakan pembangunan dan rehabilitasi irigasi, rawa serta tambak. Pembangunan dan rehabilitasi infrastruktur pendukung program ketahanan pangan ini mendapatkan porsi anggaran terbesar dibandingkan dengan pekerjaan lainnya, yaitu sekitar Rp. 6,9 trilyun, atau sebesar 22,84% dari total anggaran tahun 2016. “Namun, porsi anggaran irigasi, rawa dan tambak pada tahun 2016 mengalami penurunan bila dilihat dari porsi anggaran tahun 2015 sebesar 28, 57% dari total anggaran. Penurunan ini dikarenakan kita akan meningkatkan OP (Operasi dan Pemeliharaan) dari 7% menjadi sekitar 12% pada tahun 2016 nanti,” jelas Dirjen SDA. (kty/tin kompusda)

  • Tentang Ditjen SDA

    Direktorat Jenderal Sumber Daya Air mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya air sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

  • Bantuan


    Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Gd. Ditjen Sumber Daya Air 
    Kementerian PUPR
    JL. Pattimura 20, Kebayoran Baru 
    Jakarta - Indonesia - 12110 
    Phone/Fax: (021)-7396616 (Hunting)
    Email: kompusda[at]pu.go.id atau kompu.sda[at]gmail.com

  • Publikasi

  • Media Sosial Kami