Pengumuman ( 5):

Jaga Infrastruktur SDA untuk Alam


Print Friendly and PDF
Foto : Infrastruktur SDA untuk Alam

 

Dalam rangka memperingati Hari Air Dunia ke-26 Tahun 2018, Dharma Wanita Persatuan Unit Organisasi Direktorat Jenderal SDA, mengadakan kegiatan penanaman pohon dan tabur benih ikan di Waduk Jatibarang, Semarang, Jawa Tengah (060418). Turut dihadiri oleh Ibu Juhriati Ari Setiadi, mewakili DWP Kementerian PUPR, Ibu Agustina Arsyadi, Dharma Wanita Unit Direktorat Jenderal SDA, Paguyuban Ibu-ibu BBWS Pemali Juana dan Perwakilan Paguyuban Ibu-Ibu BBPJN VII Semarang.

Perwakilan pengurus Dharma Wanita Pusat Kementerian PUPR, Ibu Juhriati Ari Setiadi, mengatakan bahwa penanaman pohon dalam rangka Hari Air Dunia ini dapat menumbuhkan awareness kita semua akan pentingnya air. “Bendungan Jatibarang ini merupakan penampung air yang memberikan manfaat sangat besar bagi masyarakat sekitar, dan dengan ditanamnya pohon-pohon dimaksudkan untuk melestarikan lingkungan. Dan sesuai dengan tema Hari Air Dunia Tahun 2018, Nature for Water, bahwa pembangunan infrastruktur harus diiringi dengan pelestarian lingkungan sekitarnya,” jelas Ibu Juhriati Ari Setiadi.

Penanaman pohon merupakan tradisi yang dilakukan oleh Ditjen SDA sebagai upaya mitigasi bencana, khususnya banjir yang sering melanda Indonesia. Selain itu menjaga lingkungan agar tetap hijau, mengamankan bendungan dari sedimentasi dan menghasilkaan oksigen yaang bisa mendukung sebagai daerah wisata.

Pada kesempatan yang sama perwakilan paguyuban ibu-ibu BBWS Pemali Juana, Ibu Yoke Oentoro, menyatakan bahwa dengan penanaman pohon sebanyak 65 pohon buah seperti pohon buah sirsak, pohon buah mangga, pohon buah sawo dan pohon buah jeruk. “ penanaman pohon di sekitar sumber sumber air seperti sungai, danau,embung dan waduk untuk menjaga ketersediaan air baku bagi kehidupan sehari hari. Bendungan jatibarang sebagai sumber air permukaan adalah salah satu infrastruktur sumber air yang harus kita jaga dan lestarikan agar manfaatnya tetap dapat dinikmati masyarakat sekitar lebih lama lagi,” lanjut Ibu Yoke Oentoro.

Setelah melakukan penanaman pohon di sekitar Bendungan Jatibarang, peserta penanaman pohon melakukan tebar benih ikan di Waduk Jatibarang. (kompuSDA)

 

  • Tentang Ditjen SDA

    Direktorat Jenderal Sumber Daya Air mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya air sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

  • Bantuan


    Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Gd. Ditjen Sumber Daya Air 
    Kementerian PUPR
    JL. Pattimura 20, Kebayoran Baru 
    Jakarta - Indonesia - 12110 
    Phone/Fax: (021)-7396616 (Hunting)
    Email: kompusda[at]pu.go.id atau kompu.sda[at]gmail.com

  • Publikasi

  • Media Sosial Kami