Pengumuman ( 5):

Kegiatan Konsolidasi GP3A Guna Bersama Untuk Peningkatan Kapasitas Kemampuan GP3A D.I Batang Anai


Print Friendly and PDF
Foto :

Kegiatan Konsolidasi Gabungan Perkumpulan Petani Pengguna Air (GP3A) Guna Bersama merupakan pertemuan ke 3 dari 11 rangkaian pertemuan GP3A dalam rangka Peningkatan Kemampuan Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (IP3A), GP3A dan Perkumpulan Petani pemakai Air (P3A) D.I Batang Anai dalam Aspek Pengelolaan Air di Jaringan Tersier oleh Pelaksana Kegiatan OP SDA IV Satuan Kerja OP SDA, BWS SUMATERA V pada Rabu, 25 Oktober 2017. Konsolidasi ini bertujuan untuk mencetuskan kesepakatan terkait rencana tata tanam, ketegasan atas kasus sadap liar, serta memaparkan tugas dan fungsi GP3A, yang kemudian dalam jangka panjang mampu menunjang swasembada pangan di wilayah Batang Anai. 

Konsolidasi ini dihadiri oleh Dinas PSDA Prov. Sumatera Barat, Satker TP-OP, PPK TP-OP wilayah D.I Batang Anai, TPM Pendampingan P3A, Camat Batang Anai, Danramil, Babinkamtibmas, Wali Nagari Pasar Usang, UPT Distan Kecamatan Batang Anai, Pengurus GP3A Guna Bersama dan pengurus dari 14 P3A yang ada pada GP3A Guna Bersama.

Melalui kegiatan ini disampaikan oleh Muhidfuddin, ST selaku Kasi Kelembagaan dan Pemberdayaan Dinas PSDA Prop. Sumatera Barat bahwa wilayah Sumatera memiliki ketersediaan air yang cukup, sehingga terjadi peningkatan potensi pengairan dan irigasi namun beresiko banjir. Hal itulah yang menjadi pekerjaan rumah bersama untuk ditemukan pemecahannya.

Kesepakatan yang telah dirumuskan bersama dibacakan dalam berita acara oleh Agus Teguh, SP, M.Psi selaku Koordinator TPM yang berisi: pertama, GP3A Guna Bersama telah sepakat dalam penyusunan RTTD tahun 2018 yang dipandu oleh Zuriati B, SP. , UPT Distan Kecamatan Batang Anai. Kedua, solusi untuk pelanggaran sadap liar adalah sepakat bersama-sama memelihara sarana dan prasarana yang ada, dan memberikan sanksi yang tegas kepada pelaku pelanggaran. Ketiga, pendampingan untuk IP3A, GP3A, dan P3A sepakat untuk terus dilanjutkan.

Sementara itu Sofian, Ketua GP3A Guna Bersama menyebutkan bahwa beliau merasa puas dengan pengarahan, dan penjelasan dalam acara konsolidasi ini, “Penjelasannya sangat jelas, jadi kami merasa puas dengan kegiatan ini. Rencana kedepan setelah ini kami akan melakukan pemerataan lewat sosialisasi tentang tugas dan fungsi GP3A dan P3A ini, karena selama ini hanya wacana saja, kalau sekarang sudah jelas apa tugasnya. Kami harapkan ada peningkatan kesejahteraan untuk kehidupan petani kedepannya” kata Sofian.

Camat Batang Anai, Suhardi, S.Sos, MM mengucapkan terimakasih atas perhatian yang diberikan BWS S V untuk wilayah Batang Anai, beliau menyambut positif kegiatan konsolidasi ini dan menurut beliau pemerintah melalui BWS Sumatera V telah berperan aktif dalam pemberdayaan GP3A, yang harus di dukung oleh masyarakat. Melalui konsolidasi ini GP3A dapat mengetahui tugas dan wewenang mereka, sehingga mereka dapat menjembatani P3A yang ada se-kecamatan Batang Anai sehingga petani ini dapat menggunakan air sesuai kebutuhan mereka. Suhardi menambahkan permasalahan yang sering dikeluhkan masyarakat adalah saluran cacing atau saluran tersier sering tersumbat atau tidak lancar, selain itu juga kelompok P3A yang satu dengan yang lainnya sering berebut air. Suhardi berharap melalui konsolidasi ini masalah pengairan bisa teratasi, sehingga petani tidak terhambat dalam masa tanam dan pada akhirnya mampu mencapai Swasembada Pangan. (humas/sisda)