Pengumuman ( 5):

Kegiatan Tanam Pohon GNKPA dan HARBAK PU ke 70 di Situ Gedong


Print Friendly and PDF
Foto :

Menyambut Hari Bakti PU ke-70 dan mendukung Revitalisasi Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA) , Dharma Wanita Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melakukan aksi penanaman Pohon Kemiri Sunan di area Situ Gedong, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (28/11).  Kegiatan penanaman pohon dimulai pagi hari dipimpin oleh Penasehat Dharma Wanita Kementerian PUPR, Ibu Kartika Basuki Hadimuljono dan juga dihadiri oleh Kepala Balai Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane, T. Iskandar dan para pejabat di lingkungan Kabupaten Bogor.

Ibu Kartika Basuki Hadimuljono dalam sambutannya menyampaikan “Bahwasannya Dharma Wanita persatuan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dapat ikut serta dalam kegiatan yang sangat bermanfaan bagi kita semua di saat sekarang dan juga bagi anak cucu kita kelak dimasa yang akan datang. Saat ini penyelamatan lingkungan, rehabilitasi hutan dan lahan melalui konservasi tanah dan air serta reboisasi dan penghijauan, sudah tidak dapat ditunda lagi. Bumi kita saat ini tengah menghadapi beberapa ancaman global yang serius seperti banjir, erosi, tanah longsor, kekeringan, pemanasan global dan rusaknya lingkungan alam, kepunahan dan kehilangan beberapa jenis flora dan fauna, kebakaran lahan dan hutan, ledakan pendududuk dan sebagainya”.

“Lahan yang ditumbuhi pepohonan dengan cukup akan berfungsi melindungi bagi lahan sekitarnya. Dengan demikian lahan akan berfungsi dengan baik, untuk menambah air, menyerap dan menyimpan air. Lahan menjadi subur, kelembaban udara, tanah dan iklim juga dapat terjaga keseimbangannya” ujar Ibu Kartika Basuki Hadimuljono.

Situ Gedong dulu hanya berfungsi sekitar 50 persen sudah tertutup oleh gulma, tanaman lotus sudah banyak kondisi yang tidak terawat, tetapi akibat koordinasi kesepakatan dengan pemerintah daerah dan dukungan Danyon Bekang, sekitar situ sat ini dapat dikembalikan fungsi-fungsi daripada situ ini. Dari kondisi yang ada terdahulu dengan kapasitasnya 50 persen dari luas 7 Ha. Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane sekarang ini sudah dikembalikan luasnya menjadi 7 Ha dengan lingkungan yang ada menjadi satu ruang terbuka biru dan satu ruang terbuka hijau. Di Situ Gedong ini juga difasilitasi adanya jogging track sepanjang 2050 meter melingkar tidak putus.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane T. Iskandar menyampaikan dalam sambutannya “Kegiatan ini adalah satu momentum yang paling baik, satu momentum yang paling sedang di canangkan oleh pemerintah pusat dan juga pemerintah daerah. Di dalam kegiatan ini perlu kami sampaikan, kebutuhan di wilayah Jabodetabek ini kini ada 183 situ yang berada di Kabupaten Bogor sebanyak 83 situ, salah satunya dilingkungan kita ini yaitu Situ Gedong. Kalau kita melihat kondisi sekarang mungkin kita kita pernah melihat kondisi sebelumnya. Kondisi yang ada sekarang ini, kita sudah mengembalikan fungsi daripada situ itu sendiri dan juga hajat utama daripada situ tempat tampung air dan sebagai konservasi air”.

T. Iskandar mengatakan “Harapan kami kegiatan ini bukan akhir dari kegiatan yang kita lakukan  terutama bagaimana kita menjaga kelestarian daripada lingkungan termasuk sumber-sumber alam yang ada. Komitmen kita bersama pemerintah daerah da masyarakat, bahawa seperti lingkungan ini harus kita jaga dengan keterbatasan dan keadaaan akibat daripada kebutuhan lahan mskin besar. Kegiatan ini menjadi kan proses awal kegiatan berikutnya terutama kami mengharapkan kepada Ibu Kartika Hadimuljono memprogramkan kegiatan kedepan”.

GNKPA terdiri dari enam elemen yaitu pertama, penataan ruang, pembangunan fisik, pertanahan dan kependudukan, kedua rehabilitasi hutan dan lahan serta konservasi SDA, ketiga pengendalian daya rusak air, keempat pengelolaan kualitas air, kelima penghematan penggunaan air dan pengelolaan permintaan air, keenam pendayagunaan SDA secara adil, efisien dan berkelanjutan.

  • Tentang Ditjen SDA

    Direktorat Jenderal Sumber Daya Air mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya air sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

  • Bantuan

    Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Gd. Ditjen Sumber Daya Air 
    Kementerian PUPR
    JL. Pattimura 20, Kebayoran Baru 
    Jakarta - Indonesia - 12110 
    Phone/Fax: (021)-7396616 (Hunting)
    Email: kompusda[at]pu.go.id atau kompu.sda[at]gmail.com

  • Publikasi

  • Media Sosial Kami