Pengumuman ( 5):

Kementerian PUPR Tanam 1500 Pohon di Embung Pulau Dompak


Print Friendly and PDF
Foto :

Sebagai puncak acara dalam rangkaian acara memperingati hari Bakti PU ke-72, seluruh jajaran Kementerian, Dinas Kabupaten dan Kota, Satuan Kerja Vertikal, dan Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kementerian PUPR Kepulauan Riau bersama-sama menyelenggarakan kegiatan-kegiatan untuk memperingati hari yang bersejarah ini. Sebagai puncak acaranya adalah Aksi Penanaman Pohon dengan tujuan penghijauan, serta meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.

Dengan mengusung tema “Perlindungan dan Optimalisasi Fungsi Situ, Danau, Embung, Waduk, dan Sumber Air Permukaan lainnya”, Jajaran Kementerian PUPR di Kepulauan Riau yakni Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Direktorat Jendral Cipta Karya, Direktorat Jenderal Bina Marga, dan Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahaan berkoordinasi untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Aksi yang dilakukan antara lain dengan menanamkan 1000 pohon Ketapang Kencana di Embung Kebun Raya Nongsa, dan 1500 pohon di Embung Pulau Dompak yang terdiri dari Pohon Angsana, Mahoni, dan Tembesi. Secara keseuruhan adalah sejumlah 2500 pohon. Aksi ini juga merupakan bagian dari dan Hari Menanam Pohon Nasional pada tanggal 28 November.

Kegiatan yang dilaksanakan di Embung Pulau Dompak Tanjungpinang dibuka dengan laporan kegiatan oleh Ketua Panitia, Kepala BWS Sumatera IV, Ismail Widadi dan dilanjutkan dengan sambutan dan arahan dari Menteri PUPR dalam hal ini diwakili oleh Direktur Perencanaan Penyediaan Perumahan, Hardi Simamora. Dilaksanakannya kegiatan di Embung Pulau Dompak ini diharapkan menjadi infrastruktur percontohan. Embung Pulau Dompak merupakan salah satu dari 19 embung infrastruktur yang dibangun oleh BWS Sumatera IV di Kepulauan Riau sebagai upaya konservasi tampungan air Kabupaten Bintan.

Kegiatan yang merupakan wujud sinergitas antar instansi Kementerian PUPR ini turut dihadiri Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basyirun, Perwakilan DWP Kementerian PUPR dari Sekretaris Ditjen Cipta Karya Rina Agustine Indriani, Kepala BPJN Jambi Junaidi, Kepala Dinas PU Provinsi Abu bakar, dan Sekretaris GNKPA Victor Sidabutar. Dalam kesempatan ini Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basyirun turut memberikan sambutan dan pesan-pesan yang antara lain mengingatkan akan pentingnya kelestarian alam dan kesinambungan antara masyarakat dengan lingkungan.

Aksi Penanaman Pohon pun dilakukan secara langsung oleh para pejabat terkait dan Gubernur dengan mencangkul dan menanam bibit-bibit pohon bersama-sama. Suasana keharmonisan antar seluruh instansi pada acara ini sangat kental terasa ditandai dengan nuansa kekeluargaan dan kekompakan yang diakhiri dengan kegiatan karaoeke bersama, besar harapan dari seluruh peserta untuk tetap menjaga kekompakan. (humas)

sumber : Bws Sumatera IV