Pengumuman ( 5):

Kerjasama BBWS Ciliwung Cisadane dan Kodam Jaya Jayakarta Wujudkan Bersih Sungai dan Situ


Print Friendly and PDF
Foto : Kerjasama BBWS Ciliwung Cisadane dan Kodam Jaya

 

Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan Komando Daerah Militer Kodam Jaya/Jayakarta tentang Pemeliharaan Sungai dan Situ Wilayah Kerja Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane, 13 Juli 2018 di Jakarta.

Menurut Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane, Jarot Widyoko, kondisi sungai dan situ  yang berada di bawah pengelolaan BBWS Ciliwung Cisadane sudah mengalami alih fungsi lahan menjadi perumahan, persawahan dan berkurangnya luasan situ yang mengurangi daya tampung sehingga kondisi saat ini perlu dilakukan penertiban batas-batas situ sehingga bekerjasama dengan Komando Daerah Militer Kodam Jaya/Jayakarta.

“Tujuan dari perjanjian kerjasama ini adalah terwujudnya keterpaduan program dan pelaksanaan dalam pengelolaan sungai dan situ; terwujudnya sinergi dalam pemanfaatan sunber daya (personil, dana, material dan peralatan) antara para pihak; pelestarian fungsi dan manfaat sungai dan situ beserta tampungannya; mewujudkan efektivitas dan efisiensi pemanfaatan air dan pendayagunaan sungai dan situ; terpeliharanya keberadaan sungai dan situ , keberlanjutan serta menjaga fungsi sungai dan situ terhadap kerusakan atau gangguan yang disebabkan baik oleh daya alam maupun tindakan manusia”, lanjut Jarot Widyoko.

Jarot juga menjelaskan untuk lokasi pemeliharaan rutin sungai berada di 4 sungai yaitu Sungai Sunter, Sungai Krukut, Sungai Grogol dan Sungai Mookervart yang semuanya terletak di DKI Jakarta dan pemeliharaan rutin terhadap 9 situ yaitu Situ Sidomukti (Bekasi), Situ Bahar (Depok), Situ Gadog (Depok), Situ Patinggi (Depok), Situ Pangarengan (Depok), Situ Rawalumbu (Bekasi), Situ Rawa Bebek (Bekasi),  Situ Taman (Bekasi) dan Situ Leungsir (Bekasi). Dan jenis pekerjaan sungai dan situ terdiri dari pekerjaan galian sedimen, menggali dengan alat escavator dan hasil galian dibuang di sekitar lokasi, pembuatan dan pemasangan papan larangan, pembangunan pagar bahan BRC, pekerjaan pemasangan paving block dan pekerjaan pembuatan jembatan boxculvert.

Dalam arahannya, Direktur Operasi dan Pemeliharaan yang juga selaku Plt. Direktur Jenderal SDA, Agung Djuhartono, mengatakan bahwa sebenarnya Kementerian PUPR sudah beberapa kali melakukan kerjasama dengan TNI. “Saya berharap agar kerjasama ini dapat berlanjut. Dengan kerjasama ini menunjukkan bahwa TNI selain mengamankan keamanan dan pertahanan negara, juga mengamankan air dan pangan karena dua hal tersebut masuk ke dalam program Nawacita pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Saya juga berpesan agar kedua belah pihak dapat saling berkoordinasi agar sumber-sumber air yang ada dapat kembali dinikmati oleh masyarakat yang tentu saja dapat meminimalisir terjadinya bencana alam terutama banjir,” jelas Agung Djuhartono.

Sementara itu, Panglima Kodam (Pangdam) Jaya Jayakarta, Mayor Jenderal TNI Toni Supriyanto mengapresiasi kerjasama ini. “Saya mengapresiasi sekali kerjasama yang terjalin antara BBWS Ciliwung Cisadane dengan Kodam Jaya Jayakarta. Dan saya juga menginginkan agar dapat terus bekerja sama untuk kepentingan masyarakat dan sesuai dengan UU No. 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, Pasal 7 ayat 2 yang menyatakan membantu tugas pemerintahan di daerah, maka Kodam Jaya Jayakarta ikut berperan aktif melakukan karya bakti yang diantaranya melakukan pengerukan sungai-sungai dan membersihkan situ-situ untuk mewujudkan lingkungan yang bersih. Saya menugaskan kepada seluruh jajaran Kodam Jaya Jayakarta untuk dapat memobilisasi peralatan pada hari Minggu agar hari Senin dapat segera dilakukan pekerjaan pemeliharaan sungai dan situ Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane,” kata Joni Supriyanto.

Acara ini dihadiri oleh Direktur Bina OP yang juga selaku Plt. Direktur Jenderal SDA, Agung Djuhartono, Kepala BBWS Ciliwung Cisadane, Jarot Widyoko, Pangdam Jaya Jayakarta, Joni Supriyanto, seluruh jajaran BBWS Ciliwung Cisadane dan Kodam Jaya Jayakarta. (tin, ams kompuSDA)

 

  • Tentang Ditjen SDA

    Direktorat Jenderal Sumber Daya Air mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya air sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

  • Bantuan


    Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Gd. Ditjen Sumber Daya Air 
    Kementerian PUPR
    JL. Pattimura 20, Kebayoran Baru 
    Jakarta - Indonesia - 12110 
    Phone/Fax: (021)-7396616 (Hunting)
    Email: kompusda[at]pu.go.id atau kompu.sda[at]gmail.com

  • Publikasi

  • Media Sosial Kami


    Statistik Pengunjung
    hari ini 1
    Kemarin 707
    Online 0
    Total 340088