© 2019 Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

PU-Net
      

Berita SDA

Koordinasi PUPR, Kemtan dan TNI untuk Irigasi dan Pangan Nasional

Koordinasi PUPR, Kemtan dan TNI untuk Irigasi dan Pangan Nasional


Kategori : Berita SDA

  08 September 2015



Foto : 08092015


Direktur Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Mudjiadi, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertania, Gatot Irianto, dan Wakil Asisten Teritorial Mabes TNI Angkatan Darat Marga Taufik, beserta jajarannya melakukan pertemuan dan diskusi terkait sinkronisasi program irigasi dan pertanian bersama yang memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil pertanian menuju swasembada pangan nasional.

Dalam diskusi ini masing-masing instansi melakukan presentasi antara lain terkait IP (indeks pertanaman), pembangunan dan rehabilitasi yang masing-masing dijabarkan baik per pulau maupun per provinsi. Tiap instansi saling bertukar informasi dan pemahaman terhadap tiap nomenklatur dan kewenangan di instansi masing-masing.

“Sebelum ke tahap selanjutnya, kita harus clear dulu pada pengertian nomenklatur dan kewenangan agar kita memiliki pemahaman yang sama,” jelas Dirjen PHP Kementerian Pertanian. Oleh karena itu Dirjen SDA menjelaskan secara detail dan memperkenalkan personil-personil yang memiliki kewenangan tepat dalam pelaksanaan terkait irigasi dan operasi dan pemeliharaan iriagsi yang menjadi wilayah kewenangan dari Ditjen SDA. “Untuk kegiatan rehabilitasi dan pembanguan besar dilaksanakan oleh Direktorat Irigasi, sementara masalah semisal kerusakan pintu air, itu masuk dalam kegiatan Operasi dan Pemeliharaan. Untuk koordinasi Operasi dan Pemeliharaan sendiri, laporan progresnya ada di pemerintah pusat dan pelaksanaannya ada di pemerintah provinsi," tuturnya.


Bagikan :

Cetak