Pengumuman ( 5):

Menteri PUPR Beberkan Rencana Percepatan Infrastruktur di Banten


Print Friendly and PDF
Foto : Foto: Bahtiar Rivai

Banten - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono juga membeberkan rencana pembangunan di Banten. Tidak kurang dari Rp 2 triliun anggaran kementerian digelontorkan untuk pembangunan daerah perbatasan ibu kota ini.

Basuki mengatakan, atas perintah Presiden Jokowi, pembangunan Bendungan Karian harus dipercepat sampai 2019. Padahal, target awal bendungan ini rencananya akan selesai di 2020.

Selain itu, Kementerian PUPR menurut Basuki juga sedang mempercepat pembangunan Bendungan Sindangheula di Serang. Meskipun lebih kecil dari Karian, Sindangheula mampu menampung 10 juta meter kubik air dan membantu tidak kurang 1000 hektar aliran irigasi.
 


"Bendungan Sindangheula, kalaupun lebih kecil, akan kita selesaikan tahun depan bahkan lebih cepat dari Bendungan Karian," kata Basuki saat menghadiri peresmian pengalihan aliran Sungai Ciberang ke Bendungan Karian, Lebak, Banten, Rabu (30/8/2017).

Selain dua bendungan tersebut, kementerian juga sedang mempercepat pembangunan jalan tol Serang-Panimbang. Pada Oktober nanti, pembangunan ruas jalan akan dimulai dari wilayah Serang.

Sedangkan dari ruas di Panimbangnya, pemerintah sekarang sudah melakukan proses tender untuk panjang 33 kilometer. Diperkirakan, pada Januari dari arah Panimbang pembangunan tol akan dimulai.

"Jadi dari Serang dan dari Panimbangnya akan kita selesaikan," katanya.

Basuki juga menambahkan, lewat telepon dan perintah langsung dari presiden, jalan mulai dari Citeurep ke kawasan ekonomi khusus Tanjung Lesung akan dimulai pembangunannya.

"Soal anggaran, lebih dari 2 triliun untuk Banten ini khusus di bidang PUPR," tambahnya.

Lewat perintah langsung tersebut, Kementerian PUPR juga akan membangun sekitar 30 jembatan gantung di Banten. Kementerian sudah meminta lokasi jembatan gantung di mana saja di kabupaten/kota di Banten yang perlu diperbaiki oleh kementerian.

"Saya diperintah langsung, yaitu program kerakyatan untuk jembatan gantung. Banyak sekali di sini yang masih membutuhkan sehingga anak-anak juga tidak seperti Indiana Jones," katanya.

"Perhatian bapak presiden ke Banten tidak kurang lagi. Mulai 2017, 2018, 2019 akan kita selesaikan," katanya lagi.

Khusus untuk pembangunan jalan tol di Banten, Basuki meminta kepada gubernur, bupati dan wali kota agar sama-sama membantu khususnya terkait pembebasan lahan dan penetapan lokasi. Apalagi jalan tol Serang-Panimbang akan melintasi beberapa daerah dan akan dimulai pembangunannya dalan waktu dekat. (bri/dna)

sumber : detik.com