© 2019 Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

PU-Net
      

Berita SDA

Menteri PUPR Tinjau Bendungan Wonorejo

Menteri PUPR Tinjau Bendungan Wonorejo


Kategori : Berita SDA

  14 September 2015



Foto : 14092015


Menteri PUPR, Basuki Hadimoeljono, dan beberapa pejabat eselon I seperti Direktur Jenderal SDA, Mudjiadi, Direktur Jenderal Bina Marga, Hediyanto W. Husaini, Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah, Hermato Dardak dan anggota Komisi V DPR RI, Budi Yuwono, melakukan perjalanan Lingkar Wilis yang dimulai dari Surabaya menuju Yogyakarta (120915).

Dalam perjalanan Menteri PUPR dan rombongan melewati salah satu infrastruktur sumber daya air, yaitu Bendungan Wonorejo. Bendungan ini dibangun pada tahun 1994/1995 dan terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Bendungan Wonorejo mempunyai daya tampung sebesar 122 juta m3 dan berada pada daerah aliran sungai Gondang dalam wilayah sungai Brantas dengan sumber airnya adalah sungai Gondang dan Song.

Bendungan yang bertipe urugan batu ini mempunyai panjang tanggul sebesar 545 m, tinggi bendungan 100 m, volume timbunan 6,05 juta m3 dan berfungsi untuk menyediakan air baku sebesar 8 m3/det, pembangkit tenaga listrik 6,02 megawatt, mengendalian banjir bagi daerah Tulungagung seluas 1479 ha, mengairi irigasi pertanian seluas 1200 ha, budidaya perikanan dan pariwisata.

Saat ini bendungan tersebut merupakan salah satu kawasan wisata yang dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar kota Tulungagung. Bendungan ini dilengkapi sarana penunjang bagi wisatawan seperti jogging track, taman rekreasi keluarga dan jalur transportasi yang layak untuk dilalui oleh para wisatawan.


Bagikan :

Cetak