Pengumuman ( 5):

Menteri PUPR: Praktisi dan Ilmuwan Harus Mengembangkan Ide Gila di Bidang Bendungan Besar


Print Friendly and PDF
Foto :

Komite Nasional Indonesia untuk Bendungan Besar (KNIBB) menggelar Seminar Nasional Pembangunan dan Pengelolaan Bendungan Tahun 2015 di Kantor Pusat PLN, Jakarta Selatan (25/11). Mengambil tema “Tantangan, Solusi dan Sinergi Pembangunan serta Pengelolaan Bendungan Besar Sampai Dengan Tahun 2019” seminar ini diikuti oleh 486 peserta yang berasal dari kalangan profesional, praktisi lembaga swadaya masyarakat, organisasi profesi, perguruan tinggi, dan pemerhati di bidang bendungan besar. Hadir dalam kesempatan itu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) M. Basuki Hadimuljono dan jajarannya, Ketua Umum KNIBB Hari Suprayogi, dan Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah PT PLN Persero Nasri Sebayang.

 

Seminar dibuka secara resmi oleh Menteri PUPR M. Basuki Hadimuljono. Dalam sambutannya Basuki menyampaikan harapannya bahwa melalui seminar ini akan ditemukan inovasi untuk pengembangan ilmu teknologi pembangunan bendungan. “Saya ingin kita mendapatkan ide baru dalam membangun bendungan,” tutur Basuki. “Dari total 49 rencana pembangunan bendungan, baru 13 yang kita bangun. Masih ada 36 bendungan lagi yang akan kita bangun dalam 5 tahun ke depan. Jadi seminar ini adalah ladang bagi para praktisi dan ilmuwan untuk dapat mengembangkan ide gila di bidang bendungan besar,” lanjutnya. “Kita harus bisa mendinamisasi pikiran kita dalam membangun bendungan. Opportunity kita tidak hanya dari segi business tapi juga dari segi intelektual. Jika kita tidak berani salah, kita tidak akan maju,” ujar Basuki lagi.

 

Sementara Ketua Panitia Penyelenggara Syahdarwin Siregar mengatakan seminar ini diselenggarakan dalam rangka pertukaran pengalaman dan penerapan teknologi dalam pembangunan dan pengelolaan bendungan di Indonesia. Seminar ini juga merupakan salah satu bentuk kerjasama dan dukungan dari PT PLN terhadap organisasi KNIBB. “Dari seminar ini diharapkan dapat diperoleh masukan yang berharga bagi pembangunan dan pengelolaan bendungan yang lebih terkoordinasi antar semua pemangku kepentingan dalam menunjang pemenuhan pemerintah dalam hal ketahanan air, pangan dan energi,” kata Syahdarwin. (idr-kompu SDA)

  • Tentang Ditjen SDA

    Direktorat Jenderal Sumber Daya Air mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya air sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

  • Bantuan


    Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Gd. Ditjen Sumber Daya Air 
    Kementerian PUPR
    JL. Pattimura 20, Kebayoran Baru 
    Jakarta - Indonesia - 12110 
    Phone/Fax: (021)-7396616 (Hunting)
    Email: kompusda[at]pu.go.id atau kompu.sda[at]gmail.com

  • Publikasi

  • Media Sosial Kami