Pengumuman ( 5):

PIT HATHI Ke 32 Tahun 2015 Berencana Lakukan Kunjungan Lapangan ke Waduk Selorejo


Print Friendly and PDF
Foto : 02112015

Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) HATHI merupakan agenda rutin para ahli teknik hidraulik indonesia yang terhimpun dalam asosiasi profesi HATHI. Forum ini merupakan media komunikasi profesi dalam rangka meningkatkan kapasitas dan tanggung jawab keilmuan untuk menghadapi tantangan saat ini dan masa datang.

PIT HATHI ke-32 Tahun 2015 rencananya akan dilaksanakan HATHI cabang Malang dengan dukungan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Universitas Brawijaya, Perum Jasa Tirta I dan Pemerintah Kota Malang. Forum PIT yang akan diselenggarakan pada 5 November – 8 November bertujuan untuk merumuskan masukan dan pemikiran secara konkret dari anggota HATHI untuk mengatasi dan menjawab tantangan berbagai persoalan sumber daya air yang terjadi di tanah air dan ikut serta dalam mengembangkan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada umumnya serta ilmu teknik sumber daya air pada khususnya.

Acara yang mempunyai tema “Meningkatkan Ketahanan Air Nasional Dalam Menunjang Kedaulatan Pangan, Ketahanan Energi dan Pengembangan Kemaritiman” dilatarbelakangi oleh kondisi dunia dalam menghadapi perubahan yang teramat cepat dan terkadang tak terduga, pertumbuhan ekonomi dan pertambahan penduduk akan meningkatkan kebutuhan akan air, pangan dan energi. Sementara itu perubahan iklim akan berdampak terhadap kesediaan air dan tekanan tehadap lingkungan berupa daya rusak air baik secara kualitas dan kuantitas. Untuk itu dibutuhkan peran serta dari para anggota HATHI dalam rangka melakukan penyelamatan ketersediaan sumber daya air

 Pada PIT HATHI tahun ini juga akan melakukan kunjungan ke Waduk Selorejo. Waduk yang selesai bangun pada tahun 1970, berlokasi di Dusun Selorejo Desa Pandansari Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Waduk dengan tipe urugan tanah homogen, mempunyai volume waduk efektif sebesar 62.30 juta m3 dengan usia waduk 45 tahun dan bermanfaat untuk pengendalian banjir , irigasi seluas 5700 ha, pembangkit listrik sebesar 49 juta KWH pertahun dan pariwisata.

Dengan adanya pertemuan ilmiah ini, HATHI, sebagai salah satu organisasi profesi di bidang sumber daya air dapat melakukan upaya-upaya peningkatan ketahanan air nasional dan diiringi dengan kunjungan lapangan di salah satu infrastruktur SDA dapat mengingatkan kita kembali untuk tetap memelihara dan menjaga infrastruktur sumber daya air yang sudah ada dalam rangka mendukung ketahanan air, energi dan pangan. Jadi jangan lupa untuk hadir dalam PIT HATHI ke-32 di Malang.

  • Tentang Ditjen SDA

    Direktorat Jenderal Sumber Daya Air mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya air sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

  • Bantuan


    Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Gd. Ditjen Sumber Daya Air 
    Kementerian PUPR
    JL. Pattimura 20, Kebayoran Baru 
    Jakarta - Indonesia - 12110 
    Phone/Fax: (021)-7396616 (Hunting)
    Email: kompusda[at]pu.go.id atau kompu.sda[at]gmail.com

  • Publikasi

  • Media Sosial Kami


    Statistik Pengunjung
    hari ini 1
    Kemarin 0
    Online 0
    Total 340088