Pengumuman ( 5):

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pengaman Pantai Muara Kandis Jawab Keresahan Masyarakat Pesisir Selatan


Print Friendly and PDF
Foto : Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pengaman Pantai Muara Kandis (21/3)
Saat ini masyarakat di Pantai Muara Kandis Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan dihadapkan pada kondisi gejala alam berupa bencana abrasi pantai yang menghancurkan pemukiman penduduk, lahan pertanian serta jalan lingkungan. Hal ini dijawab oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera V yang telah melaksanakan peletakan batu pertama untuk pembangunan pengaman pantai muara kandis lanjutan yang dilaksanakan pada Kamis 21 Maret 2019.
 
Peletakan Batu pertama ini dibuka oleh Bupati Pesisir Selatan Hendra Joni, beliau mengucapkan terimakasih karena pemerintah pusat telah menjawab keluhan masyarakat yang tingal di pinggiran pantai muara kandis dengan membangun pengaman pantai sehingga dapat membantu masyarakat agar tidak terjadi lagi abrasi dan hanyutnya rumah-rumah warga yang terbawa oleh pasang surut air laut
 
Sementara itu Maryadi Utama selalu Kepala Balai WIlayah Sungai Sumatera V mengatakan, Untuk pekerjaan Pembangunan Pengaman Pantai Muara Kandis di Kabupaten Pesisir Selatan berada pada tipe pengaman pantai dengan jenis konstruksinya adalah pemasangan batu Cobble Stone 50-100 kg dengan pekerjaan persiapan, pekerjaan galian, pekerjaan pemasangan material. Pembiayaan Pembangunan Pengaman Pantai Muara Kandis di Kabupaten Pesisir Selatan ini dibiayayi dari APBN melalui SNVT PJSA WS.INderagiri-Akuaman, WS.Kampar,WS.Rokan Provinsi Sumatera Barat dan pada tahun Anggaran 2018 telah melaksanakan penangan mendesak pekerjaan Pembangunan Pengaman Pantai Muara Kandis dengan Nilai Kontrak Rp. 5.355.000.000,00 (Lima Milyar Tiga Ratus Lima Puluh Lima Juta rupiah) Kontraktor PT. MANDIRI HARAPAN UTAMA dengan OUTPUT 0.15 km dan OUTCAME 0.5 HA Pada TA 2019 Pembangunan Pengaman Pantai Muara Kandis dilanjutkan dengan nilai Kontrak Rp. 7.944.987.000,00 (Tujuh Milyar Sembilan ratus empat puluh empat juta sembilan ratus delapan puluh tuju ribu rupiah) Kontraktor CV. TAMAN KARYA MANGGALA OUTPUT 0.4 Km dan OUTCAME 0.6 HA.
 
Pengaman Pantai Muara Kandis di Kabupaten Pesisir Selatan (Lanjutan) diharapkan dapat menahan Laju Erosi abrasi Pantai yang menghantam permukiman penduduk. Kemudian masuk dalam RENSTRA 2019-2024 Balai Wilayah Sungai Sumatera V diharapkan pada tahun 2024 pembangunan pengaman pantai Muara kandis Tuntas Secara Keseluruhan. Semoga dengan adanya pembangunan Pengaman Pantai Batang Kandis ini dapat bermanfaat sangat besar bagi masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan.