© 2019 Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

PU-Net
      

Berita SDA

Pemilihan Komunitas Peduli Sungai Tingkat Nasional 2015 Hasilkan Enam Nominator Terbaik

Pemilihan Komunitas Peduli Sungai Tingkat Nasional 2015 Hasilkan Enam Nominator Terbaik


Kategori : Berita SDA

  01 September 2015



Foto : 27082015


Pemilihan Komunitas Peduli Sungai Tingkat Nasional 2015 yang dilaksanakan di Yogyakarta sejak 25 Agustus 2015 lalu telah memasuki tahapan pemilihan nominator terbaik. Dari total sepuluh komunitas sungai yang mengikuti lomba, terpilih enam nominator terbaik. Para komunitas yang dinominasikan tersebut yakni Komunitas Brantas Berdaya dari Jawa Timur, Komunitas IBRA dari Nusa Tenggara Barat, Komunitas Masyarakat Peduli Ciliwung dan Lingkungan Hidup (Matpeci) dari Jakarta, Komunitas Pemerti Kali Code dari Yogyakarta, Komunitas HIROSHI dari Papua, dan Yayasan Wakil Komunitas Peduli Sungai Kabupaten Gowa dari Sulawesi Selatan.
Widagdo selaku Ketua Tim Penjurian Pemilihan Komunitas Peduli Sungai Tingkat Nasional Tahun 2015 di depan para komunitas sungai yang hadir mengatakan sungai merupakan salah satu sumber air yang amat penting sehingga perlu dijaga dan dilestarikan sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Penetapan Wilayah Sungai. 
 
"Sebagai salah satu sumber air untuk kehidupan, sungai harus dijaga kelestariannya untuk menyeimbangkan kehidupan manusia di masa depan. Ketika kita merusak ekosistem sungai dengan membuang sampah sembarangan dan membangun bangunan di badan sungai, maka sungai juga akan melakukan hal yang sama dengan merusak lingkungan sekitar kita,” ujar Widagdo (26/8). "Karena itu keberadaan dan keterlibatan komunitas sungai ini sangat kami apresiasi demi terjaganya kelestarian sungai," tuturnya.
 
Lomba direncanakan akan memasuki tahapan penilaian berikutnya dimana tim dewan juri dan tim pelaksana kegiatan akan melakukan kunjungan lapangan ke lokasi wilayah sungai tiap komunitas sungai yang dinominasikan. Dari hasil kunjungan tersebut dewan juri akan memberikan penilaian dan menentukan juara nasional 1, 2, dan 3 serta juara harapan 1, 2, dan 3. 


Bagikan :

Cetak