© 2019 Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

PU-Net
      

Berita SDA

Pentingnya Komunikasi Antar Lembaga

Pentingnya Komunikasi Antar Lembaga


Kategori : Berita SDA

  02 September 2015



Foto : 31072015


Sungai adalah alur atau wadah air alami dan buatan berupa jaringan pengaliran air beserta air di dalamnya, mulai dari hulu sampai muara, dengan dibatasi kanan dan kiri oleh garis sempadan. Seiring berjalannya waktu air sungai saat ini sudah tidak sejernih dahulu karena banyaknya pencemaran yang dilakukan oleh manusia, padahal air merupakan kebutuhan seluruh makhluk hidup di bumi.

“Keberadaan air di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan karena Indonesia sedang dilanda kekeringan akibat musim kemarau. Kepedulian antar sesama manusia sangat diperlukan,” ujar Direktur Bina Penatagunaan Sumber Daya Air, Agus Suprapto dalam menerima kunjungan Komunitas Solo Rescue unit, Jakarta, (31/7).

Solo Rescue Unit merupakan komunitas yang berbasis di Solo yang bergerak pada penanggulangan bencana seperti banjir. “Kedatangan kami ingin berdiskusi mengenai pengelolaan sumber daya air dan mendapatkan saran,” ujar Dian Kurniadi selaku Ketua Solo Rescue Unit

Agus Suprato mengatakan sebelumnya harus mengkoordinasikan ke wilayah sungai terkait, yaitu Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo agar dapat tergabung dalam Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air sehingga dapat mengetahui informasi dari BBWS Bengawan Solo.

Forum komunitas sungai sangat penting diadakan guna menampung ide dan aspirasi dan menjadi penyeimbang antara masyarakat dan pemerintah agar tidak ada tumpang tindih. Salah satu contohnya adalah komunitas sungai di Yogyakarta, seperti Komunitas Sungai Gajah Wong.


Bagikan :

Cetak