Pengumuman ( 5):

Penyediaan Air Bersih di Kawasan Perbatasan Pulau Tiga Kabupaten Natuna Pra Serah Terima Pertama


Print Friendly and PDF
Foto :

Batam, 26 Oktober 2017 – Salah satu prioritas program pemerintah adalah pembangunan infrastruktur secara merata di kawasan perbatasan, kawasan pulau terdepan, kawasan tertinggal, dan kawasan pedesaan. Kabupaten Natuna, yang terdiri dari banyak pulau merupakan salah satu pulau terdepan, yang berbatasan langsung dengan Vietnam menjadi prioritas pembangunan oleh pemerintah, salah satunya di bidang penyediaan air. Seperti yang kita ketahui, salah satu masalah terbesar dari pulau-pulau kecil adalah minimnya sumber air.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera IV (BWS Sumatera IV) telah berkomitmen dan konsisten dalam melakukan pembangunan infrastruktur dalam bidang sumber air di Natuna. Salah satu pekerjaan yang dilakukan oleh BWS Sumatera IV pada tahun 2017 adalah pembangunan Embung Serba Guna di Pulau Tiga, Kabupaten Natuna. SNVT Pelaksanaan Jaringan Sumber Air, BWS Sumatera IV melalui Bidang Danau, Situ, dan Embung melakukan pembangunan Embung Serba Guna di Pulau Tiga sebagai bentuk upaya untuk memenuhi kebutuhan air di Pulau Tiga. Kapasitas tampungan air yang semula 50 m3 akan bertambah menjadi 3750 m3 berkat dibangunnya dua reservoir beton dengan dimensi (20 x 30 x 2.5) m. Menurut Bapak Falci Isrami, ST., MPSDA. Selaku Pejabat Pembuat Komitmen yang melakukan pekerjaan Embung Serba Guna tersebut menuturkan “Embung ini dibangun selain untuk mengatasi masalah kekurangan air bersih di Pulau Tiga, tetapi dapat juga digunakan sebagai salah satu alat penggerak roda perekonomian masyarakat Pulau Tiga” tukasnya.

Lokasi pembangunan embung serba guna Pulau Tiga di Kab. Natuna terletak di desa Tanjung Kumbik Kecamatan Pulau Tiga di Kab. Natuna. Untuk mencapai lokasi ini, dari Pulau Batam dapat menggunakan moda transportasi udara ke Kota Ranai Natuna dengan waktu tempuh ± 1.5 Jam, dilanjutkan dengan perjalanan darat menggunakan mobil dengan jarak tempuh ±85 km menuju Pelabuhan Selat Lampa. Lalu untuk menuju ke Pulau Tiga dapat menggunakan kapal masyarakat setempat dengan waktu tempuh ±20 menit. Lokasi pembangunan embung berada ± 1 km dari pelabuhan masyarakat desa Tanjung Kumbik

Kamis, 26 Oktober 2017, pekerjaan ini sudah dalam tahap persiapan untuk Serah Terima Pekerjaan Pertama (PHO), dimana Pekerjaan Pembangunan Embung Serbaguna Pulau Tiga di Kab. Natuna  akan dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2017. Sampai dengan hari ini proses pembersihan dan perapihan lahan dilaksanakan semaksimal mungkin agar Pelaksanaan Serah Terima Pekerjaan Pertama (PHO) dapat dilaksanakan sesai dengan rencana.

Pembangunan Embung Sebaguna Pulau Tiga di kab Natuna dilaksanakan Pada Tahun Anggaran 2017 dimana waktu penyelesaian pekerjaan adalah 8(delapan) bulan. Diharapkan kebutuhan air masyarakat di Desa Tanjung Kumbik dapat terpenuhi dengan adanya Pembangunan Embung ini. Adapun kelanjutan dari pembangunan Embung ini akan lanjutkan oleh DInas Cipta Karya. Dimana untuk proses awal tim dari dinas tersebut sudah datang ke lokasi pekerjaan untuk survey embung ini. (humas)

  • Tentang Ditjen SDA

    Direktorat Jenderal Sumber Daya Air mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya air sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

  • Bantuan


    Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Gd. Ditjen Sumber Daya Air 
    Kementerian PUPR
    JL. Pattimura 20, Kebayoran Baru 
    Jakarta - Indonesia - 12110 
    Phone/Fax: (021)-7396616 (Hunting)
    Email: kompusda[at]pu.go.id atau kompu.sda[at]gmail.com

  • Publikasi

  • Media Sosial Kami