Pengumuman ( 5):

Perjanjian Kerja Sama Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi


Print Friendly and PDF
Foto :

Ranai, 24 Oktober 2017 – telah dilakukan penandatanganan Surat Perjanjian Kerja Sama Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) antara Kelompok Petani Pemakai Air (P3A) yang diwakili oleh Ketua Kelompok P3A dengan Pejabat Pembuat Komitmen Operasi Pemeliharaan SDA II Balai Wilayah Sungai Sumatera IV. Pada kegiatan ini turut hadir pula para Kepala Desa dari masing-masing lokasi kegiatan, Konsultan Manajemen Balai, dan Tim Pendamping Masyarakat yang ditugaskan untuk membantu dan mengawasi Kelompok P3A yang menerima dana swakelola, serta perwakilan dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Natuna yang dalam hal ini diwakili oleh Bapak Rizal Alamsyah. Jumlah total desa yang menerima dana P3TGAI pada Tahun Anggaran 2017 ini  yaitu ada 6 (enam) desa, dimana 5 (lima) desa diantaranya berada di Kabupaten Natuna yaitu Desa Tapau, Desa Air Lengit, Desa Batubi Jaya, Desa Sedarat baru, Desa Gunung Putri dan satu desa lainnya berada di Kabupaten Karimun yaitu Desa Kundur Utara.

Kegiatan P3TGAI merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja irigasi desa guna kesejahteraan petani, peningkatan ekonomi masyarakat sekitar, serta berkontribusi untuk ketahanan pangan. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan partisipasi masyarakat Petani Pemakai Air (P3A) dalam kegiatan perbaikan, rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi sesuai dengan kebutuhan dan prinsip kemandirian. P3TGAI.

Untuk mencapai tahap penandatanganan ini, setiap desa telah melalui beberapa tahapan yaitu Tahap Persiapan dimana setiap kelompok P3A harus melengkapi administrasi berupa akta notaris dari masing-masing kelompok P3A dan Tahap Perencanaan yaitu perhitungan Rencana Anggaran Biaya yang akan digunakan untuk kegiatan swakelola P3TGAI. Dana yang diberikan kepada kelompok petani ini dapat digunakan untuk melakukan rehabilitasi jaringan irigasi ataupun peningkatan jaringan irigasi seperti perbaikan tanggul, perbaikan bangunan air, perbaikan bangunan pelengkap, perbaikan jalan inspeksi, dll dalam upaya meningkatkan kinerja pelayanan jaringan irigasi.

Setelah Acara Penandatanganan selesai dilaksanakan, PPK OP SDA II beserta rombongan didampingi Kepala Desa dan Ketua P3A melakukan kunjungan lapangan di desa yang menerima dana Program Perencanaan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI). (humas)

sumber