© 2019 Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

PU-Net
      

Berita SDA

Perlunya Kerjasama Dalam Menjaga Kebersihan Sungai

Perlunya Kerjasama Dalam Menjaga Kebersihan Sungai


Kategori : Berita SDA

  23 September 2015



Foto : 23092015


Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melaksanakan penandatanganan kerjasama dengan Komando Daerah Militer Jayakarta tentang Pemeliharaan 13 Sungai Besar di Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta. Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Kepala BBWS Ciliwung Cisadane T. Iskandar dengan Mayor Jenderal TNI Teddy Lhaksmana WK, Jakarta, (23/9).

Adapun 13 sungai yang dimaksud adalah Kanal Banjir Barat, Kanal Banjir Timur, Sungai Ciliwung, Sungai Pesanggrahan, Sungai Angke, Sungai Krukut, Sungai Grogol, Sungai Cipinang, Sungai Sunter, Sungai Buaran, Sungai Jatikramat, dan Sungai Mookervaart serta Cengkareng Drain. Maksud pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk melakukan pemeliharaan sungai berupa pembersihan bantaran kiri dan kanan sungai, semak-semak dan pencabutan pepohonan dan tunggul serta melakukan pengerukan galian sedimen di badan sungai.

"Salah satu sungai yang akan dibersihkan adalah Sungai Buaran yang nantinya akan dilakukan pengerukan sedimentasi 4.900 m3 menggunakan alat berat, 1.407 m3 penggalian sedimen secara manual, dan 27.000 m3 pembersihan semak-semak. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan kelestarian bangunan sungai dan pembersihan semak-semak dipinggiran sungai bertujuan untuk melancarkan aliran air sungai,” jelas Mudjiadi. Beliau berharap agar kedepannya kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. "Saya juga ingin mengingatkan kepada semua pihak, baik dari Direktorat Jenderal SDA melalui BBWS Ciliwung Cisadane maupun Komando Daerah Militer Jayakarta untuk tetap bekerja sesuai dengan ruang lingkup yang sudah ditetapkan dan agar dapat membuat laporan harian ataupun mingguan mengenai bukti pembayaran dan pelaksanaan pekerjaan," lanjut Mudjiadi.


Bagikan :

Cetak