© 2019 Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

PU-Net
      

Berita SDA

Pompa Pluit Timur Diresmikan

Pompa Pluit Timur Diresmikan


Kategori : Berita SDA

  24 Maret 2014



Foto : 24032014


Untuk meningkatkan kapasitas Pompa Pluit secara keseluruhan sehingga kembali memenuhi design capacity, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) Kementerian Pekerjaan Umum (Kementerian PU) melalui Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane meresmikan proyek Pompa Pluit Timur di Jakarta, (27/3).


"Pompa Pluit Timur merupakan salah satu infrastruktur penting untuk drainase kota Jakarta. Pompa Pluit memiliki coverage area seluas 34,2 km2, dan merupakan sistem pengendalian banjir Daerah Aliran Sungai Ciliwung yang mampu menampung debit sebesar 34 m3 per detik," ujar Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak.

Hermanto Dardak mengatakan tujuan pembangunan Pompa Pluit Timur ini adalah untuk merekonstruksi stasiun Pompa Timur dan memasang pompa-pompa baru yang lengkap dengan fasilitas pendukungnya, sehingga pompa Timur dapat kembali berfungsi.

Lebih lanjut Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane Ditjen SDA T. Iskandar, menambahkan lingkup pekerjaan utama dari proyek ini adalah merekonstruksi pompa Pluit Timur dengan tiga lantai seluas 400 m3, pemasangan 3 pompa baru dengan kapasitas masing-masing 5 m3 per detik, serta pembangunan tanggul laut di depan stasiun Pompa Pluit sepanjang 145 m.

Hingga saat ini proyek Pompa Pluit telah berlangsung selama 23 bulan dengan progress pekerjaan sebesar 92,2% dan sudah dapat dioperasikan pada tanggal 17 Maret 2014. Proyek ini dibiayai oleh hibah (Grant Aid) dari pemerintah Jepang dengan nilai kontrak JPY 1.646.655.000.

Hadir pula dalam acara tersebut diantaranya Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Perdana Menteri Jepang serta perwakilan dari negara Jepang.

Selain proyek Pompa Pluit Timur, saat ini Ditjen SDA sedang melaksanakan sejumlah pekerjaan untuk menangani banjir di Jakarta, antara lain Normalisasi PAS (Pesanggrahan, Angke, Sunter) sepanjang 60 km, penambahan Pintu Air Manggarai dan Pintu Air Karet, optimalisasi Kanal Banjir Barat, normalisasi Kali Ciliwung dan Kali Ciliwung Lama, serta proyek terkait penanganan banjir lainnya.  


Bagikan :

Cetak