© 2019 Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

PU-Net
      

Berita SDA

Program Upaya Penanganan Banjir di BBWS Cimanuk Cisanggarung

Program Upaya Penanganan Banjir di BBWS Cimanuk Cisanggarung


Kategori : Berita SDA

  21 Januari 2020



Foto : Direktur Sungai dan Pantai Jarot Widyoko saat memberikan paparan


BBWS Cimanuk Cisanggarung beberapa waktu lalu melaksanakan Sosialisasi kegiatan Penanganan Banjir di Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah.
 

Dalam paparannya, Direktur Sungai dan Pantai Ditjen SDA Jarot Widyoko mengatakan bahwa Daerah Aliran Sungai (DAS) CImanuk Cisanggarung terdiri dari 25 sub-Das dengan 2 sungai utama, yaitu sungai cimanuk dan cisanggarung dan 17 anak sungai dan terjadinya banjir di Kabupaten/Kota pada DAS Cimancis dimana wilayah tersebut merupakan bagian hilir dari DAS Cimanuk yang terdapat banyak aliran anak Sungai Cimanuk

Mengatasi hal tersebut, sejumlah kegiatan untuk penanganan banjir pun dilakukan, dimulai sejak 11 November 2019 lalu dengan kegiatan antara lain master plan manajemen resiko banjir;survey dan investigasi;survey perlindungan dampak social dan ekonomi;survey perlindangan dan pengelolaan lingkungan hidup; detailed engineering design serta studi zona sempadan sungai.

Upaya pengendalian banjir dari hulu dengan konservasi seperti check dam, embung dan waduk. Sementara dari hilir dengan adanya kolam retensi, Normalisasi sungai, long storage, kolam retensi, sumyr resapan, lubang biopori dll

Pengendalian banjir non structural dengan melakukan edukasi kepada masyarakat tentang penyebab banjir, bekerja sama dengan komunitas peduli sungai, pengendalian perizinan, pemanfaatan tata guna lahan dan penataan kawasan. (kompusda/dnd)


Bagikan :

Cetak