Pengumuman ( 5):

Puncak Peringatan Hari Air Dunia 2018 Sumatera Barat Lakukan Aksi Pembuatan Biopori


Print Friendly and PDF
Foto :

Dalam rangka memperingati hari air dunia yang ke XXVI Balai Wilayah sungai Sumatera V menggelar rangkaian aksi berbasis lingkungan. Rangkaian kegiatan diawali dengan bersih sungai pada hari rabu kemaren. Hari ini 22 Maret tepat pada peringatan hari air dunia, Balai Wilayah Sungai Sumatera V melakukan aksi pembuatan Biopori.  Biopori atau  lubang  resapan ini sangat berguna untuk menjaga kelangsungan air tanah yang saat ini tengah mengalami penurunan yang sangat drastis. Untuk mewujudkan kesinambungan sumber daya air.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan pembuatan lubang biopori pada halaman kantor BWS Sumatera V sebanyak 30 titik, dan pada sepanjang taman di jalan khatib sulaiman (bagian kiri dan kanan) diperkirakan berjumlah 1.000 titik, dengan melibatkan SKPD Provinsi, Kota Padang dan BWS Sumatera V.

Martius, S.ST, M.T selaku Kepala Satuan kerja Operasi dan Pemeliharaan menyatakan “Pembuatan untuk 1 (satu) lubang biopori dengan diameter 10 s/d 15 cm dan kedalaman 100 cm akan memberikan tambahan bidang resapan seluas 3.140 s/d 4.710 cm2. Dari kegiatan ini berarti kita punya harapan untuk menambah bidang resapan seluas 314 s/d 471 m2

Nasrul Abit selaku Wakil Gubernur Sumatera Barat menyatakan dalam sambutannya  “saat ini air  menjadi suatu permasalahan, Kadang terjadi kekeringan kadang kebanjiran, Kota Padang sering sekali terjadi kebanjiran yang penyebabanya ada oleh tangan manusia dan ada juga oleh infrastruktur yang belum menunjang. Hari ini kita akan membuat lubang biopori. Cara sederhana ini perlu disosialisasikan kepada seluruh masyarakat karena dapat membantu mempercepat penyerapan air”.

Setelah sambutan dari Wakil Gubernur Sumatera Barat, Beliau langsung memperaktekkan pembuatan lubang biopori di lapangan gattball Balai Wilayah Sungai Sumatera V dan diikuti oleh undangan yang lainnya dilanjutkan dengan acara panggung gembira, lomba masak dan lomba mewarnai.

Diharapkan kepada masyarakat banyak untuk menyediakan sedikit lahan di sekitar rumahnya untuk dijadikan sumur resapan air agar kelangsungan air tanah tetap terjaga .Selamat Hari Air Dunia ke 26 Tahun 2018. Bersama Kita Selamatkan Air, untuk Kehidupan dan kesejahteraan kita bersama. (humas)

sumber : BWS sumatera V

  • Tentang Ditjen SDA

    Direktorat Jenderal Sumber Daya Air mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya air sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

  • Bantuan

    Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Gd. Ditjen Sumber Daya Air 
    Kementerian PUPR
    JL. Pattimura 20, Kebayoran Baru 
    Jakarta - Indonesia - 12110 
    Phone/Fax: (021)-7396616 (Hunting)
    Email: kompusda[at]pu.go.id atau kompu.sda[at]gmail.com

  • Publikasi

  • Media Sosial Kami