© 2019 Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

PU-Net
      

Berita SDA

Sesditjen SDA Buka Pemilihan Petugas OP Irigasi dan Rawa Teladan 2015 Secara Resmi Featured

Sesditjen SDA Buka Pemilihan Petugas OP Irigasi dan Rawa Teladan 2015 Secara Resmi Featured


Kategori : Berita SDA

  01 September 2015



Foto : 24082015


Ditjen SDA saat ini tengah memacu pengembangan jaringan irigasi dengan biaya yang cukup signifikan agar hasil pembangunan jaringan irigasi tersebut dapat berjalan secara optimal dan berkelanjutan. Hal tersebut dilakukan demi meningkatkan surplus produksi padi untuk mencapai ketahanan pangan nasional.

Demi pengembangan jaringan irigasi secara berkelanjutan itu dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dan memahami secara langsung mengenai irigasi dan perawatannya di masa mendatang sehingga Operasi dan Pemeliharaan (OP) akan irigasi tetap terjaga.

Sebagai bagian dari program peningkatan kompetensi SDM tersebut, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui direktorat OP melaksanakan kegiatan Pemilihan Petugas OP Jaringan Origasi dan Rawa Teladan Tingkat Nasional dan Pemilihan Komunitas Peduli Sungai Tingkat Nasional Tahin 2015, Yogyakarta, (24/8).

Lomba Pemilihan Petugas OP Jaringan Irigasi dan Rawa diikuti oleh 84 peserta yang diikuti oleh 28 provinsi, sedangkan untuk lomba Pemilihan Komunitas Sungai terdiri dari 10 Wilayah Sungai.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kinerja dan mendorong peningkatan kompetensi para petugas OP jaringan irigasi dan rawa serta komunitas sungai yang baru pertama kali diadakan tahun ini," ujar Sekretaris Ditjen SDA, Hartanto.

Hartanto berharap nantinya para petugas pengamat pengairan dan juri mantri pengairan bisa mendapatkan pengalaman dan menambah ilmu baru sehingga ke depannya dapat tetap menjaga OP jaringan irigasi. Selain itu ia juga meminta agar komunitas sungai dapat mengikutsertakan masyarakat luas dalam menjaga ekosistem sungai.


Bagikan :

Cetak