Pengumuman ( 5):

Studi Banding Pembangunan Bendungan Muara Sei Gong


Print Friendly and PDF
Foto :

Batam, 21 Desember 2017 – Pusat Bendungan, Ditjen Sumber Daya Air, Kementerian PUPR dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Bendungan Wilayah Barat, Airlangga Mardjono, berserta tim, serta turut hadir Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat dan rombongan dari Balai-balai Pengelolaan Sumber Daya Air di Provinsi Jawa Barat melakukan kegiatan Peninjauan Lapangan Pembangunan Bendungan Sei Gong sebagai proyek percontohan dalam rangka melaksanakan studi banding.

BWS Sumatera IV sebagai tuan rumah serta penanggung jawab dalam pekerjaan tersebut menerima dan memberikan paparan singkat mengenai proses dan progress pekerjaan bendungan Sei Gong. Kepala BWS Sumatera IV, Ismail Widadi didampingi PPK Bendungan Nul Hanif Sutama Kamis (21/12) turut menghadiri kegiatan tersebut dalam rangka berbagi informasi dan pengalaman mengenai kesulitan dan solusi dalam melaksanakan pekerjaan ini.

Bendungan Sei Gong merupakan bendungan yang tergolong unik dan menggunakan teknologi baru karena diperuntukan untuk membendung muara. Selain itu struktur tanah yang tidak bersahabat sangat berat untuk dilakukan pengerukan bahkan menggunakan alat berat. Hal ini masih belum banyak ditemui di Indonesia sehingga menjadikan pembangunan bendungan ini cukup rumit dan menantang.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, motivasi dan berbagi pengalaman kepada semua peserta yang hadir agar dapat menjadi bekal ilmu yang dapat diterapkan di unit kerja masing-masing peserta.

Dalam kesempatan ini juga para pelaksana Pembangunan Bendungan Sei Gong juga mendapatkan saran dan masukan yang bermanfaat dari “Pusat Bendungan” agar dapat melakukan percepatan pelaksanaan pekerjaan dilapangan.

Adapun harapannya agar dapat memotivasi pekerjaan pembangunan Bendungan Sei Gong pada tahun mendatang dapat berjalan dengan lebih baik dan selesai dibangun sesuai dengan target penyeleseian. (humas)