Pengumuman ( 5):

Temu Ilmiah Pejabat Fungsional PUPR Sebagai Motor Penggerak Pembangunan Infrastruktur


Print Friendly and PDF
Foto : Launching SI-Mentor/birkom/kompusda

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) hari ini (9/7) membuka kegiatan perdana Temu Ilmiah Tahunan I Jabatan Fungsional Bidang PUPR di Jakarta. Di kali pertama kegiatannya, Temu Ilmiah ini mengambil tema Akselerasi pejabat fungsional sebagai motor penggerak pembangunan infrastruktur pupr. Selain temu ilmiah tersebut, juga dilaksanakan launching Sistem Informasi Manajemen Motor Penggerak PUPR (SI-Mentor PUPR).

 

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Anita Firmanti dalam sambutan mewakili Menteri PUPR mengatakan bahwa para pejabat fungsional bidang PUPR merupakan motor penggerak pembangunan infrastruktur, sementara pejabat struktural berperan sebagai pembina.

 

“Peran Jafung sangat penting sehingga perlu terobosan baru dalam pengembangannya. Posisi dan peran Jafung juga perlu diatur lebih jelas dalam unit organisasi sesuai dengan Undang-Undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan PP nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen Pegawai Negeri Sipil,” ujar Anita.

SI-Mentor merupakan database yang terhubungan dengan data E-HRM, nantinya para jafung di Kementerian PUPR dapat mengusulkan dupak secara online termasuk juga diterima oleh tim penilai sehingga dapat dipelajari dahulu sebelum bertemu face to face.

Senada dengan Sekretaris Jenderal PUPR, Kepala BPSDM Lolly Martina Martief mengatakan bahwa jabatan fungsional memiliki peran penting dalam terwujudnya keberhasilan infrastruktur. Dikatakannya bahwa saat ini Kementerian PUPR memiliki Jafung sebanyak 3.866 orang, dari jumlah tersebut 987 orang merupakan jafung Non PUPR yang pembinanya adalah Kementerian/Lembaga terkait. Sementara sisanya, 2.879 orang adalah Jabatan Fungsional di bidang PUPR.

Jabatan fungsional Bidang PUPR adalah Jafung dibawah pembinaan Kementerian PUPR yakni Teknik Pengairan, Teknik Jalan dan Jembatan, Teknik Tata Bangunan dan Perumahan, Teknik Penyehatan Lingkungan, dan Pembina Jasa Konstruksi.

“Dari jumlah 2.879 tersebut yang aktif sekitar 2390 sedangkan 489 lainnya bebas sementara karena menjabat sebagai pejabat struktural. Jumlah ini akan diproyeksikan bertambah yang bersumber dari CPNS tahun 2017-2018,” lanjut Lolly Martina.

Mengingat jumlah jafung yang ada di Kementerian PUPR masih 10 persen dari total jumlah pegawai, maka ini menjadi tantangan besar untuk dilakukan percepatan dari segi kualitas dan kuantitas dari kebutuhan walaupun telah dilakukan impassing. Peningkatan optimal dengan penempatan penugasan yang tepat. Masih ditemui jafung aktif belum mendapatkan tempat yang sesuai, ini juga dipengaruhi faktor kompetensi.

Dalam acara tersebut turut diselenggarakan diskusi dengan berbagai narasumber antara lain Kepala Biro Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana Kementerian PUPR  Asep Arofah Permana, Deputi SDM Aparatur Kementerian PAN dan RB Setiawan Wangsa Atmaja,  serta Deputi Pembinaan Manajemen Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara Haryomo Dwi Putranto.

Penyelenggaraan Temu Ilmiah Tahunan I Jabatan Fungsional pada dasarnya merupakan Knowledge Management Sharing, pemutakhiran data Pejabat Fungsional, mendapatkan komitmen dari Pejabat Fungsional, dan mendapatkan masukan terhadap permasalahan yang dihadapi Jafung di lapangan yang dibahas dalam masing-masing desk. Kegiatan akan dilaksanakan selama dua hari tanggal 9 – 10 Juli 2018 dengan jumlah peserta sekitar 746 orang. (kompuSDA/nanda/dnd/ams)

 

  • Tentang Ditjen SDA

    Direktorat Jenderal Sumber Daya Air mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya air sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

  • Bantuan

    Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Gd. Ditjen Sumber Daya Air 
    Kementerian PUPR
    JL. Pattimura 20, Kebayoran Baru 
    Jakarta - Indonesia - 12110 
    Phone/Fax: (021)-7396616 (Hunting)
    Email: kompusda[at]pu.go.id atau kompu.sda[at]gmail.com

  • Publikasi

  • Media Sosial Kami