Pengumuman ( 5):

Tiga BBWS Keluar sebagai Pemenang Lomba Pemilihan Petugas UPB dan OP Bendungan Tingkat Nasional tahun 2015


Print Friendly and PDF
Foto :
Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, BBWS Pemali Juana dan BBWS Pompengan Jeneberang berhasil terpilih sebagai Pemenang Lomba Petugas Unit Pengelola Bendungan (UPB) dan Petugas Operasi dan Pemeliharaan (OP) Bendungan Tingkat Nasional. Lomba yang baru perdana diselenggarakan ini, diikuti oleh delapan belas tim perwakilan dari sebelas BBWS dan Balai Wilayah Sungai (BWS) di lingkungan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air ini.
Lomba ini terdiri dari tiga kategori, yaitu Kategori I Petugas UPB Terbaik, Kategori II Petugas OP Bendungan Multifungsi Terbaik dan Kategori III Petugas OP Bendungan Fungsi Tunggal Terbaik. Setelah melewati tahapan penjurian seleksi nominasi dan verifikasi lapangan, lomba yang berlangsung di Sanur, Bali (2/11) ini, memutuskan UPB Bengawan Solo dari BBWS Bengawan Solo sebagai juara Kategori I, kemudian Purwanto mewakili Bendungan Kedung Ombo dari BBWS Pemali Juana sebagai juara Kategori II, dan Rofik Nurrohman mewakili Bendungan Ponre-Ponre dari BBWS Pompengan Jeneberang sebagai juara Kategori III.
Keputusan pemenang ini didasari oleh hasil penjurian dengan dua kriteria, yaitu Presentasi Petugas UPB dan OP yang memiliki bobot penilaian 40% dan kriteria penilaian verifikasi lapangan yang memiliki bobot 60%. Hasil lomba dinyatakan sah oleh Tim Juri yang di ketuai oleh Widagdo, sebagai Ahli Utama Bendungan Besar, dengan anggota Ruchyat Kustomi sebagai Ahli Madya Bendungan Besar dan Agus Jatiwiryono sebagai Ahli Utama Bendungan Besar. Pengumuman hasil lomba dipimpin oleh Lolly Martina Martief, Direktur Bina OP Ditjen SDA serta berlaku sebagai saksi adalah Kepala Bagian Hukum dan Komunkasi Publik Ditjen SDA yang pada kesempatan kali ini diwakili oleh Kasubbag Peraturan Perundang-Undangan. Pengumuman dilaksanakan di Jakarta (26/11).
Menyusul setelah BBWS Bengawan Solo pada Kategori I, adalah UPB Sermo dari BBWS Serayu Opak kemudian UPB BWS NT 1 dari BWS Nusa Tenggara 1 sebagai juara kedua dan ketiga. Pada Kategori II peringkat kedua dan ketiga ditempati oleh Mujiono, Petugas OP Bendungan Batujai BWS Nusa Tenggara 1 serta Nasaruddin, Petugas OP Bendungan Bili-Bili BBWS Pompengan Jeneberang. Sementara pada Kategori III, peringkat kedua dan ketiga ditempati oleh Sucipto, Petugas OP Bendungan Gerokgak BWS Bali Penida kemudian Sukamto, Petugas OP Bendungan Samboja BWS Kalimantan III.
Pelaksanaan lomba ini merupakan salah satu upaya pengelolaan bendungan agar tetap sesuai dengan fungsinya melalui aspek operasi dan pemeliharaan, serta upaya non fisik berupa penguatan kelembagaan melalui UPB. Lomba ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan semangat petugas, baik petugas pengelola bendungan maupun petugas OP Bendungan sebagai ujung tombak pengelolaan bendungan di lapangan. “Selain memotivasi, lomba ini sebenarnya merupakan hasil konkret monitoring evaluasi. Dengan kata lain, OP sudah dilakukan, dana sudah dianggarkan, kemudian apa hasil konkret dari pelaksanaannya? Ini lah yang kita temui di lapangan. Hasil lomba ini baiknya digunakan sebagai benchmarking tindakan ke depannya, terutama dalam bidang OP”, jelas Lolly Martina Martief dalam sambutan pengumuman pemenang lomba.
Selain itu, hasil lomba ini juga dapat digunakan sebagai masukan kepada BBWS/BWS untuk lebih meningkatkan upaya pembinaan pengelolaan bendungan di wilayahnya. (kompusda)
  • Tentang Ditjen SDA

    Direktorat Jenderal Sumber Daya Air mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengelolaan sumber daya air sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

  • Bantuan

    Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Gd. Ditjen Sumber Daya Air 
    Kementerian PUPR
    JL. Pattimura 20, Kebayoran Baru 
    Jakarta - Indonesia - 12110 
    Phone/Fax: (021)-7396616 (Hunting)
    Email: kompusda[at]pu.go.id atau kompu.sda[at]gmail.com

  • Publikasi

  • Media Sosial Kami