© 2019 Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

PU-Net
      

Berita SDA

World Water Week 2015, Stockholm : Air untuk Pembangunan, Tahun untuk Mencapai Target MDGs

World Water Week 2015, Stockholm : Air untuk Pembangunan, Tahun untuk Mencapai Target MDGs


Kategori : Berita SDA

  01 September 2015



Foto : 19082015


World Water Week (Pekan Air Sedunia) kembali diselenggarakan di Stockholm, Swedia, pada 23-28 Agutus 2015. Kegiatan ini dilaksanakan oleh SIWI (Stockholm International Water Institute) dan penyelenggaraan kali ini mengangkat tema Air untuk Pembangunan. Pada tahun 2014, lebih dari 3.000 orang dan 270 organisasi dari 143 negara berpartisipasi dalam Pekan Air Sedunia.

Pekan Air Sedunia adalah konferensi air global yang berfokus pada isu-isu besar dan solusi praktis. Tahun ini adalah tahun target untuk mencapai Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs). Meskipun beberapa kemajuan telah dibuat, tantangan tetap bagi masyarakat dunia untuk merumuskan, berkomitmen untuk dan untuk segera mengejar satu set baru Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (MDGs).

Para praktisi, experts, pengambil keputusan, inovator bisnis dan profesional muda dari berbagai sektor dan negara datang ke Stockholm untuk membuka dan memperluas jaringan, bertukar ide, pemikiran baru, untuk membina dan mengembangkan solusi menjawab berbagai tantangan yang berhubungan dengan air yang memang menjadi isu paling mendesak saat ini. Hal ini terjadi karena air dipercaya menjadi kunci untuk kemakmuran masa depan manusia, dan bahwa dengan bersama-sama, kita dapat menciptakan kesejahteraan dalam hal air dengan bijaksana.

Air adalah pusat tantangannya, karena ada kehidupan dan mata pencaharian, dan bahwa semua makhluk hidup lainnya, tergantung pada air. Tanpa itu kita tidak dapat mempertahankan ekonomi produktif, hidup sehat atau menghasilkan makanan, energi dan kebutuhan dasar lainnya dan komoditas.

Tahun 2015 adalah tahun target untuk mencapai Millenium Development Goals (MDGs). Meskipun kemajuan telah dibuat, target untuk mencapai peningkatan akses terhadap layanan dasar utama selama 15 tahun pertama abad ini tidak akan sepenuhnya tercapai. Sekitar satu miliar orang masih sulit memiliki akses ke air bersih bahkan sulit memiliki akses untuk sanitasi dasar, serta sekitar satu miliar orang masih akan hidup tanpa listrik, dan masih akan kelaparan.
Air adalah pusat tantangan ini. Kehidupan dan mata pencaharian kami, dan bahwa semua makhluk hidup lainnya, tergantung pada air. Tanpa itu kita tidak dapat mempertahankan ekonomi produktif, hidup sehat atau menghasilkan makanan, energi dan kebutuhan dasar lainnya dan komoditas.

Pekan Air Sedunia khusus mengundang para profesional muda untuk mengambil bagian memberi inspirasi, memotivasi dan memberdayakan orang-orang muda. Selain kegiatan konferensi, Pekan Air Sedunia ini juga menawarkan kunjungan lapangan untuk melihat berbagai contoh praktis pengelolaan air di sekitar Stockholm.

 


Bagikan :

Cetak