Air Baku Seropan

From WikiSDA
Jump to: navigation, search

Kecamatan Pracimantoro terletak diujung baratdaya Kabupaten Wonogiri dengan ketinggian + 253 m diatas permukaan air laut dan merupakan daerah bukit batuan kapur yang sangat porous. Seperti pada umumnya wilayah Wonogiri bagian selatan, 7 desa di Kecamatan Pracimantoro yang berbatasan dengan Kabupaten Gunung Kidul Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sulit didapatkan sumber-sumber air. Desa-desa tersebut berpenduduk sebesar 28.088 jiwa pada tahun 2000 dan diproyesikan menjadi 33.299 jiwa pada tahun 2020

Pada musim kemarau sumber air yag biasa diambil penduduk kering, sehingga terpaksa harus membeli air dari truk tanki air isi 4.000 liter baik yang dikelola PDAM dengan harga Rp 45.000 per tanki maupun yang dikelola swasta dengan harga Rp 9.000 per tanki.

Contents

RENCANA PENGEMBANGAN

Kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul Propinsi DIY telah dilakukan, untuk memanfaatkan Potensi Sungai Bawah Tanah (SBT) Seropan, Desa Gombang, Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunung Kidul, Propinsi DIY yang mempunyai potensi debit air 800 It/dt pada misim kemarau. Sumber air seropan saat ini oleh Kab. Gunung Kidul telah dimanfaatkan sebesar 240 It/dt untuk kebutuhan air baku perdesaan dan rencana dimanfaatkan sebesar 400 It/dt untuk irigasi lahan kering 1.000 ha, dengan demikian diperhitungkan masih tersisa debit aliran sebesar 160 It/dt.

DAERAH PELAYANAN

Ada 7 desa di Kecamatan Pracimantoro yang merupakan daerah pelayanan yaitu Desa Ginggang, Gebangharjo, Gedong Joho, Sumberagung, Petirsari, dan Gambirmanis. (Gambar 1)

PROYEKSI KEBUTUHAN

Perhitungan kebutuhan didasarkan pada hal-hal sebagai berikut:

  • Daerah layanan berdasarkan kepadatan penduduk.
  • System pelayanan melalui sambungan langsung dan tidak langsung/ Hidran Umum (HU).
  • Jumlah Pemakaian air per orang per hari adalah sebesar 30 lt/orang/hr.
  • Prosentase penduduk yamg dilayani sebesar 100%
  • Kehilangan air 20% dari total kebutuhan air
  • Kebutuhan air rata-rata adalah total kebituhan air dtambah kehilangan air
  • Fluktuasi pemakaian air maksimum adalah 1,1 kali kebutuhan air rata-rata
  • Pompa beroperasi selama 8 jam perhari
  • Berdasarkan proyeksi jumlah penduduk tahun 2020, maka total kebutuhan air perdesaan adalah sebesar 35,78 lt/dt.

SISTEM PENYEDIAAN AIR BAKU

Skematik diagram

Sistem penyediaan ar baku Seropan untuk Kecamatan Pracimantoro ini dimulai dari Sumur Produksi Seropan (elevasi swl + 118,538) hingga pipa Distr.

Komponen Sistem Jaringan

Komponen system jaringan meliputi: Unit transmisi (terdiri dari : Pipa transmisi, rumah pompa dan generator set, peralatan pompa dan generator set) reservoir kapasitas 500 m3 dan unit distribusi pelayanan

MANFAAT

  • Dapat melayani kebutuhan air bagi penduduk di Desa Glinggang, Gembangharjo, Gedong, Joho, Sumberangung, Petirsari dan Gambirmanis, Kec. Pracimantoro
  • Pelayanan terbesar 60 buah Hidran Umum (HU) dengan kapsitas setiap HU= 3.000 It
  • Penduduk dapat membeli air pada musim kemarau dengan harga terjangkau, sehingga dapat meningkatkan kesehatan lingkungan.
Personal tools
Namespaces

Variants
Actions
Navigation
Toolbox