BENDALI IV KOTA BALIKPAPAN PROV KALTIM

From WikiSDA
Jump to: navigation, search

Contents

LANJUTAN PEMBANGUNAN BENDALI IV KOTA BALIKPAPAN

LATAR BELAKANG

Kalimantan Timur mempunyai luas wilayah 503,305 Km².Berdasarkan wilayah Pemerintah Kota Balikpapan ini dibagi menjadi lima Pemerintahan Kecamatan. Penduduk Kota Balikpapan pada ahun 2009 berjumlah 621.862 Jiwa. Dibandingkan dengan luas wilayah yang ada kepadatan penduduk Provinsi Kalimantan Timur cukup padat, yaitu rata-rata sekitar 1.132 jiwa per Km², dibandingkan kepadatan penduduk di Provinsi Kalimantan Timur yang mencapai 11,22 jiwa per Km².Sejalan dengan diberlakukannya Otonomi Daerah maka perkembangan wilayah perkotaan di Kota Balikpapan terasa sangat nyata. Hal ini dapat dilihat dari implementasi fisik pembangunan yang bertambah pesat, demikian juga dengan peningkatan layanan sosial masyarakat di daerah-daerah tersebut.Perkembangan pembangunan yang pesat tanpa memperhatikan tata ruang yang telah direncanakan maka akan menimbulkan permasalahan baru. Permasalahan yang selalu menghantui masyarakat, terutama masyarakat yang bermukim di dataran rendah adalah permasalahan banjir.Berbagai upaya telah dilakukan, namun upaya tersebut teratasi belum optimal dalam mengatasi masalah banjir. Impementasi program Pengendalian Banjir terasa kalah cepat perkembangannya dengan permasalahan banjir. Peristiwa banjir besar seperti tahun 2009 sekitar bulan April telah menenggelamkan sebagian lokasi rawan banjir Kota Balikpapan. Berangkat dari berbagai kejadian banjir yang telah mengakibatkan kerugian besar bagi masyarakat Kota Balikpapan, maka perlu direncanakan program pengendalian daya rusak air/banjir secara terpadu dan menyeluruh sesuai dengan kondisi aktual serta prediksi perkembangan masa mendatang, sehingga dampak merugikan dari banjir tersebut dapat diminimalkan.

PETA LOKASI PEKERJAAN


View Larger Map

MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dari Pekerjaan ini adalah membangun Bendungan Pengendali Banjir di daerah Gunung Bahagia Kota Balikpapan yang bersifat rinci dari tinjauan aspek teknis, dengan tidak melepaskan pertimbangan ekologi serta sosial ekonomi dan nilai artistik yakni Lanscaping di sekitar Bendali.TUjuan pekerjaan ini adalah untuk mengendalikan limpasan banjir dari kawasan Lapangan Tenis Gunung Bahagia Kota Balikpapan, selain itu Bendali IV juga membantu mengurangi reduksi banjir di Sub DAS Ampal khususnya limpasan banjir yang akan masuk ke JL.M.T.Haryono Dalam


BIAYA PELAKSANAAN :

Pekerjaan Pembangunan Pengendali Banjir (Bendali) IV Kota Balikpapan pelaksanaannya direncanakan sampai Tuntas dengan perkiraan dana keseluruhan yang dibutuhkan Rp. 37.234.574.000,00 (Tiga Puluh Tujuh Milyar Dua Ratus Tiga Puluh Empat Juta Lima Ratus Tujuh Puluh Empat Ribu Rupiah) Untuk Tahun 2014 Usulan Rp. 18.340.000.000,00 ( Delapan Belas Milyar Tiga Ratus Empat Puluh Juta Rupiah).

  1. Tahun 2012 Teramandemen : Rp. 8.907.874.000.000,00
  2. Tahun 2013 Teramandemen  : Rp. 9.986.700.000,000,00


DENAH LOKASI & TYPICAL POTONGAN TUBUH BENDUNGAN







FOTO DOKUMENTASI
Personal tools
Namespaces

Variants
Actions
Navigation
Toolbox