Balai PSDA Citanduy

From WikiSDA
Jump to: navigation, search

Contents

BAB.I. PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah

Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang diberkahi dengan curah hujan yang cukup tinggi, yaitu sekitar 2000 mm s/d 4000 mm pertahun. Potensi sumber daya air di Jawa Barat cukup besar, beberapa Daerah Aliran Sungai mempunyai potensi untuk dimanfaatkan sumber daya airnya, dan sejauh ini pengelolaannya telah dikembangkan dan dimanfaatkan untuk memenuhi kepentingan dan kebutuhan masyarakat luas. Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus berupaya mengoptimalkan pengelolaan dan pendayagunaan sumber daya airnya termasuk pengelolaan daya rusak airnya, salah satunya melalui pembentukan Balai-balai PSDA Wilayah Sungai di Lingkungan Dinas PSDA Provinsi Jawa Barat. Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 2 Tahun 1997 telah membentuk 5 (lima) Balai PSDA Wilayah Sungai, yaitu :

  1. Balai PSDA Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane
  2. Balai PSDA Wilayah Sungai Cisadea-Cimandiri
  3. Balai PSDA Wilayah Sungai Citarum
  4. Balai PSDA Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung
  5. Balai PSDA Wilayah Sungai Citanduy-Ciwulan,

Seiring dengan berjalannya waktu dan munculnya berbagai permasalahan sumber daya air yang semakin kompleks serta mempertimbangkan Keputusan Menteri PU No.11A tahun 2006 tentang Kriteria dan Penetapan Wilayah Sungai maka Gubernur Jawa Barat melalui Peraturan Gubernur No.113 tahun 2009 tanggal 11 Desember 2009 merubah jumlah Balai di lingkungan Dinas PSDA Provinsi Jawa Barat menjadi :

  1. Balai PSDA Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane
  2. Balai PSDA Wilayah Sungai Cisadea-Cibareno
  3. Balai PSDA Wilayah Sungai Citarum
  4. Balai PSDA Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung
  5. Balai PSDA Wilayah Sungai Ciitanduy
  6. Balai PSDA Wilayah Sungai Ciwulan-Cilaki
  7. Balai Data dan Informasi

Dalam Keputusan Gubernur tersebut di atas Balai PSDA WS Citanduy-Ciwulan dipecah menjadi 2 (dua) yaitu Balai PSDA WS Citanduy dan Balai PSDA WS Ciwulan-Cilaki. Salah satu yang melatarbelakangi pemecahan dua Balai ini diantaranya adalah munculnya berbagai permasalahan sumber daya air yang cukup kompleks di wilayah kerja Balai PSDA WS Citanduy-Ciwulan yang wilayah kerjanya terbentang dari mulai perbatasan Kabupaten Cianjur sampai dengan ujung timur Kabupaten Ciamis dimana potensi sumber daya airny cukup melimpah sedangkan sarana dan prasarana sumber daya airnya, peralatan pendukungnya dan sumber daya manusianya masih belum cukup memadai, sehingga optimalisasi pemecahan berbagai permasalahan sumber daya air yang muncul belum dapat diselesaikan secara maksimal. Dengan rentang kendali yang cukup panjang tersebut serta mempertimbangkan Keputusan Menteri PU no.11A tahun 2006 tentang Kriteria dan Penetapan Wilayah Sungai maka Gubernur Jawa Barat melalui Peraturan Gubernur tersebut di atas membagi wilayah kerja Balai PSDA WS Citanduy-Ciwulan menjadi dua,yaitu:

  1. Balai PSDA Wilayah Sungai Citanduy
  2. Balai PSDA Wilayah Sungai Ciwulan-Cilaki

Pembagian menjadi dua Balai ini diharapkan kesinambungan pelayanan kepada masyarakat dalam hal pendayagunaan sumber daya air dapat lebih baik, lebih meningkat dan lebih menyentuh langsung kepada kebutuhan masyarakat khususnya pemanfaat dan pengguna air.


Tujuan dan Sasaran

Tujuan pembuatan Status Report Balai PSDA Wilayah Sungai Citanduy ini adalah untuk memberikan gambaran secara jelas dan nyata mengenai posisi dan kondisi Balai PSDA Wilayah Sungai Citanduy sebagai ujung tombak pelaksana kebijakan operasional dari Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat. Sedangkan sasara yang ingin dicapai adalah melalui Status Report ini peran dan kinerja Balai PSDA Wilayah Sungai Citanduy dapat lebih meningkat secara kualitas dan kuantitas untuk melayani masyarakat khususnya masyarakat pengguna dan pemanfaat air dengan cara mengetahui, mengoreksi serta memberikan masukan yang konstruktif.

Tugas Pokok dan Fungsi

Tugas Pokok dan Fungsi Balai PSDA Wilayah Sungai adalah,

Tugas Pokok : Melaksanakan sebagian fungsi Dinas di bidang sumber daya air di wilayah kerjanya.

Fungsi : a. Pelaksanaan Operasi pelayanan di bidang sumber daya air yang meliputi pelaksanaan operasi dan pengelolaan data sumber daya air, pemeliharaan serta perbaikan prasarana sumber daya air, pengendalian dan pengamanan pemanfaatan air dan sumber air. b. Pelaksanaan pelayanan teknis administrative ketatausahaan yang meliputi pengelolaan umum, keuangan, perlengkapan dan kepegawaian.





BAB.II. VISI, MISI DAN KEBIJAKAN

Visi-Misi dan Kebijakan Dinas PSDA Povinsi Jawa Barat adalah :

==Visi – Misi== Visi : “Terwujudnya Dinas yang andal, berkeadilan dan berkesinambungan dalam pengelolaan Sumber Daya Air tahun 2013”.

Misi :

  1. Merumuskan kebijakan dan membina pelaksanaan operasional serta mengembangkan sistem pengelolaan sumber daya air secara holistic sistematik dan berkelanjutan.
  2. Melakukan konservasi sumber daya air, pengendalian daya rusak air dan pengembangan system informasi sumber daya air.
  3. Memberikan pelayanan secara optimal efektif dan efisien pada masyarakat pengguna sumber daya air untuk memenuhi kebutuhan air lainnya dengan tepat waktu, ruang, jumlah dan mutu.
  4. Melakukan perencanaan, pengawasan, pengendalian, monitoring dan evaluasi pengelolaan sumber daya air.

STRATEGI dan Kebijakan

Strategi dan kebijakan pengelolaan sumber daya air adalah :

  1. Peningkatan pengelolaan sumber daya air melalui pengelolaan konservasi / peningkatan kapasitas situ, danau, sungai, jaringan irigasi dan sumber daya air lainnya.
  2. Peningkatan pelayanan kepada masyarakat pemanfaat air baku permukaan
  3. Peningkatan koordinasi dengan pemerintah pusat, pemerintah kabupaten / kota dan stake holders lainnya.


Tercapainya visi, misi serta strategi dan kebijakan Dinas PSDA Provinsi Jawa Barat secara utuh, menandakan tercapainya Visi dan Misi Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam hal Pengelolaan Sumber Daya Air di Jawa Barat. Oleh karena itu Balai PSDA WS Citanduy sebagai pelaksana kebijakan operasional dan sebagai ujung tombak di lapangan tentunya harus mengawal dan melaksanakan visi, misi serta strategi dan kebijakan Dinas PSDA Provinsi Jawa Barat secara utuh, lengkap dan konsisiten hal ini perlu mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak.

Personal tools
Namespaces

Variants
Actions
Navigation
Toolbox