Irigasi Kalamisu

From WikiSDA
Jump to: navigation, search

Penduduk Kabupaten Sinjai terutama pada Daerah Irigasi Kalamisu yang terletak Di Kecamatan Sinjai Timur dan Sinjai Tengah sebagian besar mengandalkan mata pencaharian di seKtor pertanian dengan sistem tadah hujan, dengan hasil produksi yang sangat rendah. Pada musim kemarau ada sedikit tanaman padi terutama pada bagian-bagian yang di bawah dengan hasil produksi yang tidak menentu bahkan kadang-kadang gagal, dan sebagian lain tanaman palawija (jagung dan kacang tanah) dengan hasil produksi yang sangat rendah. Intensitas tanam rata-rata secara keseluruhan  120 %.

Kapasitas pengambilan Bendung Kalamisu 3,03 m3/det dengan areal irigasi 2032 ha. Saluran induk panjangnya 21,03 km dan total bangunan pada Saluran sekunder 69 buah.

Contents

Lokasi

Proyek irigasi Kalamisu terletak di Kabupaten Sinjai  200 km dari Makassar, tepatnya di kecamatan Sinjai Tengah dan Sinjai Timur.

Tujuan

Pembangunan ini dimaksudkan untuk menyediakan/menyempurnakan fasilitas jaringan irigasi teknis yang mengalirkan air dari sungai Kalamisu ke areal sawah yang direncanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil produksi pertanian dalam rangka memperkuat ketahanan pangan dan meningkatkan taraf hidup dan perekonomian petani di Kabupaten Sinjai terutama pada areal daerah irigasi Kalimusu.

Riwayat Singkat

Pembangunan bendung dan jaringan irigasi Kalamisu dimulai pada tahun 1995/96 sampai dengan tahun 2000. Sedangkan Bendung Kalamisu sendiri selesai pada tahun 1996. Pembangunan Saluran Induk Kalamisu sampai dengan tahun 2000

Biaya

Pembangunan bendung dan jaringan Saluran Kalamisu menggunakan dana APBN dan APBD dan dana pinjaman dari JBIC Loan No. IP – 499.

Peran Masyarakat

Sesuai dengan konsep pembangunan yang melibatkan petani penerima manfaat sejak pra-konstruksi, konstruksi dan pasca konstruksi maka diperlukan adanya kelembagaan petani penerima manfaat yang memadai dalam pelaksanaan operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi. Hal ini agar jaringan irigasi yang telah dibangun dapat berfungsi secara berkelanjutan.

Bd kalamisu.jpg

Personal tools
Namespaces

Variants
Actions
Navigation
Toolbox