/**Begin Google Analytics**/ /** End Google Analytics**/

Setiap hari sampah terkumpul dan menumpuk di sekitar kita. Salah satu penyumbang terbesar sampah adalah kertas koran yang sudah tidak terpakai. Hal tersebut menginspirasi Ibu-ibu Dharma Wanita Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo dalam menyelenggarakan Pelatihan Membuat Kerajinan dari Kertas Koran (Jum’at 21/08/2018).

Dalam pertemuan rutin kali ini sengaja menghadirkan Nares yang merupakan seorang pengrajin berbahan dasar kertas koran. Pelatihan ini cukup membuat Ibu-Ibu Dharma Wanita excited karena mendaur ulang kertas merupakan salah satu bentuk kepedulian kita dalam menyelamatkan lingkungan.

Alat dan bahan dalam pelatihan kali ini cukup sederhana yaitu koran, lidi  lem, gunting, cutter, loyang bulat, pilox dan hiasan. Caranya pertama-tama koran di potong persegi panjang menjadi empat bagian, lalu lidi dibungkus dengan koran, kemudian lidi tersebut di tata ke dalam dua bagian dan di lingkarkan membentuk lingkaran dengan menggunakan lem, setelah itu dibuat sesuai dengan ukuran loyang, setelah bahan jadi ditempel didalam loyang, diwarnai dengan pilox dan dihias sesuai dengan selera masing-masing.

Cukup sederhana namun perlu keterampilan, ketelitian dan kreativitas yang baik agar dapat menghasilkan hasil kerajinan yang dapat digunakan sehari-hari seperti nampan, tas, tempat tisu dan lain-lain. Selain bisa digunakan secara pribadi, hasil kerajinan ini apabila dijual juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi karena berbahan baku yang murah, ramah lingkungan dan memiliki estetika yang menarik.

Semoga dengan adanya pelatihan ini Ibu-Ibu Dharma Wanita Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo dapat berkreasi dirumah dan bisa mengajarkan kepada anak-anak, keluarga dan juga tetangga agar semua dapat memanfaatkan kertas koran (DATINBBWSBS/sita)