/**Begin Google Analytics**/ /** End Google Analytics**/

Dalam rangka meningkatkan tenaga professional di Bidang Operasi dan Pemeliharaan, Direktorat Bina Operasi dan Pemeliharaan, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melaksanakan Bimbingan Teknis Petugas O&P Irigasi Permukaan (Pengamat Irigasi) Wilayah Timur, Selasa (16/07/2019).

Ketua Panitia Pelaksana Arlinsah, ST, MT menjelaskan salah satu tugas dari Direktorat Direktorat Bina Operasi dan Pemeliharaan melaksanakan fungsi pembinaan teknis dalam bidang pelaksanaan operasi dan pemeliharaan.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan teknis Petugas O&P Irigasi dan Rawa, khususnya tentang tatacara pengawasan dan evaluasi kegiatan TPOP di Daerah Irigasi Kewenangan Pusat baik dari sisi teknis maupun administrasi,” tambahnya.

Arahan Direktur Bina O&P diwakili oleh Kasubdit O&P Irigasi dan Rawa Ir. Muhamad Kotra Nizam Lembah, SP.1, menerangkan bahwa kegiatan ini merupakan kesempatan yang baik dalam upaya meningkatkan kualitas implementasi operasi dan pemeliharaan irigasi dan rawa pada wilayah kerja masing-masing.

“Kami menyadari bahwa pelaksanaan operasi dan pemeliharaan irigasi dan rawa saat ini dirasakan belum optimal, masi diperlukan upaya dalam rangka meningkatkan kualitas implementasi operasi dan pemeliharaan irigasi dan rawa serta kualitas kinerja sistem irigasi dilapangan, sehingga harus selalu melakukan perbaikan,” Sambungnya.

Adapun materi yang disampaikan adalah materi tentang peningkatan kinerja petugas irigasi, perencanaan operasi dan pemeliharaan, pelaksanaan dan pengawasan operasi dan pemeliharaan, tatacara pengisian blangko operasi dan pemeliharaan, pengenalan tentang penerapan sistem manajemen O&P irigasi, tatacara kalibrasi bangun ukur, serta penilaian sistem irigasi.

“Harapanya acara bisa diikuti dan bisa bermanfaat untuk petugas O&P irigasi agar didalam melaksanakan tugas lebih baik lagi, karena bidang O&P ini cukup rumit, artinya perlu pemahaman dan perubahan secara terus menerus sehingga untuk operasi dan pemeliharaan irigasi ini bisa berjalan secara baik,” Jelas Diah mewakili Kepala Dinas PU SDA dan Penata Ruang Provinsi Jawa Tengah(BBWSBS/charis).