/**Begin Google Analytics**/ /** End Google Analytics**/

Sidang Komisi dan Sidang Pleno Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air (TKPSDA) Wilayah Sungai (WS) Bengawan Solo kembali digelar pada Rabu – Kamis 17-18 Juli 2019 di Surakarta.

Pada hari pertama dilakukan sidang oleh masing-masing komisi, Komisi Konservasi SDA dan Pemberdayaan Masyarakat berdiskusi tentang Upaya Pengelolaan Limbah akibat Kegiatan Industri Serat Rayon PT Rayon Utama Makmur yang disampaikan oleh PT Rayon Utama Makmur, Regulasi dan Pengawasan Pengelolaan Limbah akibat Kegiatan Industri Serat Rayon PT Rayon Utama Makmur yang disampaikan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukoharjo dan Memanen dan Pengelolaan Air Hujan yang disampaikan oleh Komunitas Banyu Bening Yogyakarta.

Komisi Pendayagunaan SDA berdiskusi tentang Penetapan Rencana Alokasi Tahunan (RAAT) Tahun 2019 yang disampaikan oleh Perum Jasa Tirta 1, Menurunnya Kualitas dan Kuantitas Sumber Air di Kabupaten Wonogiri yang disampaikan oleh Dinas Pusdataru Provinsi Jawa Tengah dan Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah.

Komisi Pengendalian Daya Rusak Air & SIH3 berdiskusi tentang Model Pemantauan Kualitas Air dan Sumber Pencemaran oleh Perum Jasa Tirta 1. Terdapat pula Komisi Kondisi Kualitas Air yang berdiskusi tentang Kondisi Kualitas Air yang disampaikan oleh Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan (O&P) SDA Bengawan Solo Sri Wahyu Kusumastuti, ST, M.Si.

“Saat Air berlebihan terjadi bencana banjir, saat air kekurangan terjadi kekeringan dan beberapa permasalahan air lainnya. Melalui TKPSDA diharapkan dapat selalu siap dalam mengelola sumber daya air khususnya di Wilayah Sungai Bengawan Solo dengan perubahan yang terjadi” Pesan Charisal saat keynote speech dalam Sidang Pleno.

Pada hari kedua dilakukan Sosialiasi dan Pengesahan Tata Tertib TKPSDA WS Bengawan Solo, Regulasi dan Pengawasan Pencemaran Sungai Bengawan Solo yang disampaikan oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur, Studi Kasus Pencemaran Sungai Bengawan Solo Bagian Hulu oleh Dr. Mohammad Masykuri, M.Si dari PPLH UNS dan Penindakan Pelanggaran Pencemaran Sungai Bengawan Solo yang disampaikan oleh Ditreskimsus Polda Jawa Tengah (BBWSBS/sita).