/**Begin Google Analytics**/ /** End Google Analytics**/

Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo melaksanakan acara Sosialisasi Penggenangan Bendungan Tukul di Ruang Rapat Kantor Bupati, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Kamis (10/09/2020).

Kepala Bidang Pelaksanaan Jaringan Sumber Air (PJSA) Bengawan Solo Ir. Isgiyanto, MT, mewakili Kepala BBWS Bengawan Solo menyampaikan bahwa pengelolaan sumber daya air di Indonesia menghadapi permasalahan yang kompleks sehubungan dengan multi-fungsi air dari sisi sosial-budaya, ekonomi dan lingkungan, yang masing-masing dapat saling bertentangan. Pemanfaatan air baik guna pemenuhan hajat hidup masyarakat, guna mendukung roda perekonomian dan pertumbuhan industri, pariwisata dan lain sebagainya, telah memberikan tekanan yang besar terhadap lingkungan dalam hal ketersediaan sumber daya air yang terbarukan dan berkelanjutan.

“Oleh karena itu, penyediaan infrastruktur skala besar seperti bendungan merupakan salah satu bentuk implementasi konservasi dan pendayagunaan SDA yang manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat,”jelasnya.

Dony Faturochman S., ST, MT selaku Kepala SNVT Pembangunan Bendungan Bengawan Solo menjelaskan Bendungan Tukul sendiri terletak di Desa Karanggede, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan ini pekerjaanya telah memasuki tahap akhir pekerjaan konstruksi sehingga diperlukan pengisian awal bendungan sebagai salah satu persyaratan pengoperasian bendungan. Bendungan Tukul direncanakan memiliki manfaat untuk dapat memenuhi kebutuhan irigasi seluas 600 Ha, penyediaan air baku sebesar 300 liter/detik, dan potensi energi listrik sebesar 2 x 132 kW.

“Pengisian awal sebuah Bendungan yang baru selesai dibangun merupakan suatu fase yang sangat penting dan perlu diketahui oleh seluruh pihak yang berkepentingan didalamnya, khususnya Pemerintah Daerah. Sehingga dalam implementasinya diperlukan dukungan dan kerjasama banyak pihak, yakni para pemangku kepentingan dan instansi terkait lainnya agar pengisian air bendungan bisa berjalan lancar dan aman,”sambung Doni.

Bupati Pacitan Drs. Indartato, MM menyampaikan banyak terimakasih kepada BBWS Bengawan Solo atas dibangunnya Bendungan Tukul ini, segingga diharapkan masyarakat Kabupaten Pacitan bisa menikmati manfaatnya, khususnya warga Desa Karanggede, Kecamatan Arjosari. “sehingga harus terus dilakukan komunikasi dan koordinasi agar kegiatan ini berjalan dengan lancar,”tutupnya(bbwsbs/kharis).