/**Begin Google Analytics**/ /** End Google Analytics**/

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo Dr.Ir Agus Rudyanto, M.Tech didampingi Pejabat dan Staff bersama Anggota Komisi VII DPRI RI Ratna Juwita Sari, SE, MM serta jajaran Pemerintah Kabupaten Tuban melaksanakan Koordinasi yang membahas tentang Percepatan Pelaksanaan Perpres 80/2019 dan Penanganan Kali Kening yang dipimpin oleh Wakil Bupati Tuban I.r H Noor Nahar Hussein, M.Si di Kantor Bupati Tuban , di Jawa Timur, Kamis (08/10/2020).

Koordinasi ini, membahas rencana pengelolaan dan pengembangan sumber daya air di Kabupaten Tuban seperti Pengendalian Banjir Sungai Bengawan Solo Hilir di Kabupaten Tuban, Pembangunan Tembok Penahan Gelombang Laut di Wilayah Tuban dan Jenu, Pembangunan Waduk Jadi untuk Antisipasi Banjir Kawasan Jenu dan Tuban Kota serta Percepatan Penyelesaian Pembangunan Jabung Rike Dike.

Kabupaten Tuban dilewati aliran Sungai Bengawan Solo sepanjang ±60 km dan melewati wilayah Kecamatan Soko, Rengel, Plumpang dan Widang. Terdapat beberapa permasalahan seperti banjir tahunan yang diakibatkan karena meluapnya air Sungai Bengawan Solo yang menyebabkan kerugian sosial ekonomi bagi masyarakat dan lain-lain.

Disamping itu terdapat permasalahan terkait Kali Kening yang kerap kali terjadi banjir saat musim hujan. Berdasarkan hasil survey beberapa permasalahan terkait Kali Kening adalah banyak terjadi longsoran pada tebing Kali Kening, terdapat jembatan yang mempunyai Abutment dan Struktur yang menghalangi aliran serta pada bagian Hilir tepatnya di Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro terjadi gerusan tebing dan perpindahan alur sungai sehingga banyak tanah warga yang tergerus. Menindaklanjuti berbagai permasalahan yang ada di Kali Kening maka perlu dilakukan studi menyeluruh terkait Kali Kening.

Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo akan senantiasa bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tuban dalam hal pengelolaan sumber daya air di Kabupaten Tuban agar masyarakat di sekitar Tuban dapat terpenuhi kebutuhan airnya (bbwsbs/sita).