/**Begin Google Analytics**/ /** End Google Analytics**/

Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi (BP2JK) Wilayah Jawa Tengah (Jateng) menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Rencana Pelaksanaan Tender/Seleksi Dini Paket-paket Tahun Anggaran (TA) 2021 di Lingkungan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) yang bertempat di Kantor BBWSBS di Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Senin-Selasa (12-13/10/2020). Acara tersebut diselenggarakan tetap dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya meningkatkan kualitas dan profesionalisme Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) melalui BP2JK untuk menggantikan Unit Layanan Pengadaan (ULP). Melalui BP2JK, dapat juga digunakan sebagai langkah bagi Kementerian PUPR dalam mengimplementasikan strategi-strategi pencegahan penyimpangan dalam PBJ.

Rakor tersebut juga dihadiri oleh seluruh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di lingkungan BBWSBS. Dalam acara tersebut juga disampaikan paparan dan diskusi paket TA 2021 dari Satuan Kerja (Satker) BBWSBS, Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Pelaksanaan Jaringan Sumber Air (PJSA) Bengawan Solo, Satker Operasi dan Pemeliharaan (OP) Sumber Daya Air (SDA) Bengawan Solo, SNVT Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air (PJPA) Bengawan Solo, dan SNVT Pembangunan Bendungan BBWSBS.

Dalam diskusi pada acara rakor tersebut juga dibahas mengenai upaya-upaya pencegahan penyimpangan dalam pelaksanaan PBJ yang dapat dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya  penyederhanaan aturan, perbaikan sistem, mendorong inovasi dan transparansi, penggunaan e-katalog, perbaikan sumber daya manusia (SDM), dan konsolidasi dalam perencanaan.

Diharapkan dengan adanya rakor tersebut turut membentuk SDM yang independen, agar berkomitmen menghindari intervensi dalam proses pemilihan sehingga proses bisnis lebih baik. Oleh karena itu, nantinya akan menghasilkan PBJ yang lebih efektif, efisien, transparan, berkualitas dan akuntabel. (BBWSBS/Ferri)