/**Begin Google Analytics**/ /** End Google Analytics**/

Rombongan pejabat dan staf dari Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) yang dipimpin oleh, Dr. Ir. Agus Rudyanto, M.Tech., bersama Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Dr. Gatot Sudjito, M.Si., melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Rabu (21/10/2020).

Kunker tersebut untuk meninjau area Bendung Plesungan terkait rencana rehabilitasi. Bendung Plesungan dibangun di aliran Sungai Dero pada kisaran tahun 1975-1976, yang merupakan salah satu daerah irigasi (D.I.) Pondok yang sumber airnya berasal dari Waduk Pondok.

Kepala BBWBS, Dr. Ir. Agus Rudyanto, M.Tech., menyampaikan bahwa rencananya proyek rehabilitasi Bendung Plesungan dapat terealisasikan pada tahun 2021 mendatang. “Dengan adanya rehabilitasi Bendung Plesungan, nantinya petani tidak perlu menggunakan pompa lagi, sehingga dapat melalui irigasi teknis. Selain itu, melalui bendung tersebut area persawahan yang diairi dapat mencapai sekitar 608 Ha,” jelasnya.

Lurah Desa Tambakrejo, Sukimin, mengucapkan terimakasih atas kehadiran dari semua pihak terkait di Kabupaten Ngawi untuk meninjau di area Bendung Plesungan. “Bendungan ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi kami, utamanya untuk mengairi area persawahan di lima desa di kecamtaan Padas dan Pangkur. Sehingga dengan adanya rehabilitasi masyarakat petani di kawasan sekitar akan semakin sejahtera di masa mendatang,” harapnya. (BBWSBS/Ferri)