/**Begin Google Analytics**/ /** End Google Analytics**/

Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) melakukan kunjungan kerja di kawasan Sangkrah, Pasar Kliwon, Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu (04/10/2020). Direktur Sistem dan Strategi Pengelolaan Sumber Daya Air (SDA), Ir. Edy Juharsyah, M.Tech., didampingi Kepala BBWSBS, Dr. Ir. Agus Rudyanto, M.Tech., beserta staf meninjau lokasi bangunan parapet beton di kawasan Sangkrah, Pasar Kliwon, Kota Solo.

Kegiatan monitoring tersebut dalam rangka peninjauan lapangan sekaligus inspeksi untuk menghadapi musim penghujan. Dengan adanya bangunan parapet beton Sungai Bengawan Solo di sejumlah lokasi seperti Jurug, Semanggi, Pucangsawit dan Sangkrah diharapkan dapat menahan luapan air Bengawan Solo.

Kepala BBWSBS, Dr. Ir. Agus Rudyanto, M.Tech., disela kegiatan menyampaikan bahwa pengecekan infrastuktur di sekitar bantaran Sungai Bengawan Solo merupakan salah satu upaya dalam menghadapi musim penghujan. “Kondisi bangunan parapet dan tanggul eksisting terpantau cukup baik, sehingga diperkirakan pada puncak musim hujan nantinya akan aman,” tuturnya.

Sebagai informasi, BBWSBS juga telah melaksanakan pekerjaan Penanganan Banjir Kota Solo, beberapa diantaranya berupa pembangunan parapet beton dengan debit kala ulang Q50 sepanjang ±5,5 km, pembangunan revetment sepanjang ±2,3 km, pembangunan tujuh rumah pompa serta pompa banjir. Diharapkan dengan adanya bangunan infrastruktur di bidang SDA yang memadai, serta penanganan yang tepat, masyarakat akan merasa aman. (BBWSBS/Ferri)