/**Begin Google Analytics**/ /** End Google Analytics**/

Dalam rangka menciptakan pembangunan dan pengembangan infrastruktur yang memberikan manfaat di bidang sumber daya air (SDA) seluas-luasnya, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo melakukan penandatanganan Surat Perjanjian Kerja (SPK) di Kantor BBWS Bengawan Solo, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Jumat (13/11/2020). Acara yang dilaksanakan tetap dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

SPK tersebut terkait pekerjaan Rehabilitasi Bendungan Pacal di Kabupaten Bojonegoro, yang ditandatangani oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Operasi dan Pemeliharaan (OP) Sumber Daya Air (SDA) IV, Antonius Suryono, S.H., M.M.T., dengan General Manager PT Adhi Karya (Persero), Ir. Harimawan, M.M., dengan nilai kontrak Rp90.264.142.545 dan disaksikan oleh Kepala BBWS Bengawan Solo, Dr. Ir. Agus Rudyanto, M.Tech., beserta pejabat lainnya.

Bendungan yang terletak di Kecamatan Temayang tersebut memiliki tipe urugan batu dengan membran beton di udik. Tinggi maksimal bendungan yakni 35 meter dan lebar puncak 7 meter. Bendungan Pacal menjadi sumber air bagi daerah irigasi (DI) Pacal dengan luasan baku sawah 16.688 Ha.

Dr. Ir. Agus Rudyanto, M.Tech. dalam arahannya juga berpesan bahwa bendungan tersebut usianya sudah tua yang dimanfaatkan sejak tahun 1933, sehingga sudah saatnya mendapatkan perhatian khusus dari BBWSBS. “Masalah geologi menjadi hal yang perlu diperhartikan dalam pekerjaan rehabilitasi Bendungan Pacal ini. Semoga hasil pekerjaan nantinya memenuhi kualitas, kuantitas, dan sesuai dengan spesifikasinya. Namun, yang paling penting adalah tepat waktu dan tepat mutu sehingga fungsi infrastruktur yang ada dapat segera dimanfaatkan kembali oleh masyarakat sekitar,” imbuhnya. (BBWSBS/Ferri)