/**Begin Google Analytics**/ /** End Google Analytics**/

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo Dr.Ir. Agus Rudyanto, M.Tech bersama Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur (Jatim) Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc. serta Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Gresik Ir. Gunawan Setijadi, MM dan jajaran pemerintah Kabupaten Gresik melaksanakan Koordinasi yang membahas tentang Pengelolaan Sumber Daya Air di Provinsi Jawa Timur diantaranya Penanganan Banjir Kali Lamong, Penanganan Banjir di Kawasan Bengawan Jero, Revitalisasi Kawasan Waduk Bunder dan Pembuatan Jabung Ring Dike di Ruang Rapat Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Gresik, Rabu (20/01/2021).

Kepala BBWS Bengawan Solo Dr. Ir. Agus Rudyanto, M.Tech dalam paparannya menyampaikan bahwa salah satu kendala dalam Penanganan Banjir Kali Lamong adalah terkait Pembebasan lahan di Kabupaten Gresik, untuk tahun 2021 dan kedepannya kami mohon Kerjasama bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Gresik.

“Harapan masyarakat Jawa Timur agar tidak terjadi banjir di sekitar Kali Lamong dan Bengawan Jero semoga dapat segera terealisasi, Dari diskusi pada hari ini semoga semua dapat dikerucutkan sehingga dapat dijalankan dengan baik untuk tahun 2021 sehingga pengelolaan Sumber Daya Air di Jawa Timur dapat dilaksanakan secara maksimaL” terang Wagub Jawa Timur Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc.

Rombongan juga turut berkesempatan untuk meninjau langsng Waduk Bunder (Waduk Banjaanyar) di Desa Cerme, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Gresik. Infrastruktur yang memiliki luas 92 ha ini berlokasi strategis dan memiliki potensi yang besar.

“Studi Revitalisasi Waduk Bunder telah selesai dilaksanakan pada tahun 2020 dan direncanakan Waduk Bunder akan dapat bermanfaat untuk tempat penampungan air dan resapan, manfaat pertanian bagi masyarakat disekitarnya juga sebagai wisata baru di Kabupaten Gresik” ungkap Kepala Bidang Pelaksanaan Jaringan Sumber Air (PJSA) BBWS Bengawan Solo Ir. Isgiyanto MT.

Rombongan turut meninjau kawasan rawan banjr seperti di daerah Tambak Jono dan juga meninjau Bendung Karet Lamongan I. Menutup kunjungan lapangan hari ini Kepala BBWS Bengawan Solo Dr.Ir. Agus Rudyanto, M.Tech bersama Wagub Jatim Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc. serta Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Gresik Ir. Gunawan Setijadi, MM menyampaikan optimisme dengan mengakselerasi pengelolaan sumber daya air di Wilayah Jawa Timur sehingga masyarakat tidak khawatir lagi terhadap bencana-bencana yang disebabkan oleh air. (bbwsbs/sita).