/**Begin Google Analytics**/ /** End Google Analytics**/

Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) menggelar program vaksinasi Covid-19 yang didapatkan oleh Kementerian PUPR difasilitasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Sukoharjo untuk pegawai dan keluarga di lingkungan BBWSBS di Rumah Sakit Ortopedi (RSO) dr. Soeharso, di Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Jumat (16/07/2021). Sebelumnya, peserta vaksinasi juga diwajibkan memakai masker medis, menjaga jarak, dan cuci tangan pakai sabun serta kegiatan vaksinasi tersebut diselenggarakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Alur vaksinasi diawali dengan peserta vaksinasi sudah masuk ke kompleks Rumah Sakit Ortopedi dr. Soeharso, kemudian mengisi daftar hadir yang dipandu oleh petugas jaga. Selanjutnya, pegawai atau keluarga yang akan divaksin harus melalui meja 1 (pendaftaran) kemudian meja 2 (skrining).

Pada tahap ini, pegawai yang akan divaksin dicek petugas terkait suhu dan tekanan darah. Di samping itu ditanya pernah kontak erat dengan pasien positif Covid-19, memiliki riwayat alergi obat, dan lainnya. Jika sudah melewati keseluruhan tahapan itu, setiap peserta langsung disuntik vaksin Covid-19. Bagi yang tidak memenuhi syarat, maka vaksinasi akan ditunda.

Kepala BBWSBS, Dr. Ir. Agus Rudyanto, M.Tech., disela kegiatan peninjauan menyampaikan bahwa peserta vaksinasi kali ini merupakan pegawai yang sebelumnya berhalangan hadir untuk vaksinasi di kesempatan sebelumnya dan anggota keluarga Kementerian PUPR salah satunya di lingkungan BBWSBS yang bekerjasama dengan RSO dr. Soeharso.

“Atas instruksi Pak Menteri PUPR, terkait masalah pandemi Covid-19 saat ini, mengimbau agar semuanya harus divaksinasi. Harapan kami kedepannya, setelah mendapat vaksinasi, baik pegawai maupun keluarga di BBWBSBS yang terpapar Covid-19 akan berkurang, sehingga nantinya sejalan dengan target dari pemerintah untuk mencapai kekebalan kelompok (herd immunity),” imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Bagian Umum dan Tata Usaha (TU) BBWSBS, Bambang, S.E., S.T., M.T., bahwa vaksinasi kali ini dapat menjadi sarana untuk segera memutus rantai penyebaran Covid-19 di keluarga besar PUPR. Untuk total pendaftar pada vaksinasi tersebut sekitar 600 orang dan pada hari ini tersedia 300 vaksin untuk 300 orang.

“Meskipun telah divaksin, para pegawai dan keluarga pegawai Kementerian PUPR di BBWSBS diingatkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dengan tetap disiplin mengedepankan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilitas dan interaksi),” pungkasnya. (BBWSBS/Ferri-Fira)