/**Begin Google Analytics**/ /** End Google Analytics**/

Penelitian dengan judul Model Simulasi Debit Pemeliharaan Sungai Bengawan Solo Program Doktor Teknik Sumber Daya Air (TSDA) Fakultas Teknik (FT) Universitas Brawijaya, telah mengantarkan Kepala Bidang (Kabid) Operasi dan Pemeliharaan (OP) SDA Bengawan Solo, Sri Wahyu Kusumastuti ST, M.Si, meraih gelar Doktor, Rabu (01/08/2021).

Sri Wahyu Kusumastuti berhasil mempertahankan disertasinya yang dilaksanakan secara daring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19. Adapun kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) di Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Sebagai promotor Prof. Dr. Ir. Muhammad Yusri M.Sc, Co-Promotor Ir. Moh. Solikhin MT, Ph.D, Penguji Internal Prof. Dr. Ir. Lily Montarcih L., M.Sc, Penguji Tamu Dr. Ir Agus Rudyanto M.Tech. selaku Kepala BBWSBS, serta Penguji Eksternal Ir. Hari Suprayogi, M.Eng.

Disertasi tersebut dilatarbelakangi oleh banyaknya sumber pencemaran yang menyebabkan kualitas air Sungai Bengawan Solo tidak memenuhi baku mutu lingkungan, penurunan kualitas air terjadi terutama di musim kemarau, dan upaya menjaga kualitas air sungai dilaksanakan melalui pemantauan debit dan kualitas air di Sungai Bengawan Solo dan anak-anak sungainya.

Tujuan Desertasi tersebut untuk menganalisis debit pemeliharaan sungai dalam berbagai kondisi untuk menurunkan beban pencemaran Sungai Bengawan Solo, mendapatkan model debit pemeliharaan Sungai Bengawan Solo yang optimal, dan menganalisis pengaruh point source terhadap beban cemaran pada Sungai Bengawan Solo.

Sri Wahyu Kusumastuti berharap agar penelitian Model Simulasi Debit Pemeliharaan Sungai Bengawan Solo tersebut dapat bermanfaat bagi pengelola wilayah Sumber Daya Air khususnya di wilayah sungai sehingga nantinya penelitian ini dapat diaplikasikan dalam mengelola badan air khususnya di sungai.

Diharapkan juga kedepannya pejabat di lingkungan BBWSBS yang telah menempuh pendidikan tinggi hingga jenjang Doktoral dapat menjalankan tugas semaksimal mungkin, serta memberikan sumbangsih keilmuan untuk kemajuan bidang SDA baik dalam arti umum maupun spesifik. Hal tersebut tentunya bertujuan untuk mendukung pelaksanaan pekerjaan dan kegiatan di bidang SDA.(BBWSBS/Fira)