/**Begin Google Analytics**/ /** End Google Analytics**/

Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) menyelenggakan Rapat Evaluasi Pelaksanaan TPOP Triwulan III TA. 2022 dan Evaluasi Kondisi Daerah Irigasi Kewenangan Pusat yang di-TPOP-kan di Wilayah Kerja BBWSBS di Aston Hotel Bojonegoro, Jawa Timur, pada Selasa (25/10/2022).

Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan (O & P) SDA Bengawan Solo, Sri Wahyu Kusumastuti dan pejabat di lingkungan BBWSBS, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Sumber Daya Air Provinsi Jawa Timur, Kepala Bidang Irigasi Dinas Pekerjaan Umum dan Sumber Daya Air Provinsi Jawa Timur, dan Kepala  Satker SKPD TPOP Dinas Pekerjaan Umum dan Sumber Daya Air Provinsi Jawa  Timur dengan tetap menerapkan prokes pencegahan Covid-19.

Kegiatan evaluasi ini diselenggarakan dalam rangka monitoring program dan kegiatan, implementasi dan progress pelaksanaan, serta permasalahan dan tindak lanjut TPOP TA 2022. Sehingga dapat diketahui apakah pelaksanaan kegiatan sesuai atau tidak sesuai dengan rencana sehingga dapat dilakukan tindakan perbaikan atau preventif jika diperlukan, serta sebagai evaluasi agar dapat diketahui taraf pencapaian tujuan dari kegiatan sehingga dapat diambil suatu keputusan atau kebijakan lebih lanjut mengenai program tersebut.

Dalam sambutannya, Sri Wahyu Kusumastuti menyampaikan BBWSBS setiap akhir triwulan rutin mengadakan Rapat Evaluasi Pelaksanaan TPOP sebagai wadah bagi pelaksana TPOP untuk menyampaikan hasil pelaksanaan kegiatan operasi dan pemeliharaan pada 10 Daerah Irigasi yang di-TPOPkan serta menyampaikan permasalahan dalam pelaksanaannya, dan bagi BBWSBS sebagai wadah untuk menyampaikan hasil evaluasi terhadap pelaksanaan TPOP.

Diharapkan Satker SKPD TPOP Provinsi Jawa Timur untuk selalu berkoordinasi dengan BBWSBS dalam  pelaksanaan kegiatan operasi dan pemeliharaanjaringan irigasi, selalu pro aktif melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan operasi dan pemeliharaan dan memberikan layanan yangoptimal pada tiap Daerah Irigasi sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum  dan Perumahan Rakyat Nomor 12/PRT/M/2015 tentang Eksploitasi danPemeliharaan Jaringan Irigasi.

Satker SKPD TPOP Provinsi Jawa Timur Provinsi Jawa Timur bersama dengan BBWSBS diharapkan selalu siap siaga menghadapi musim penghujan di tahun 2022. Satker SKPD TPOP Provinsi Jawa Timur juga diminta untuk segera melaporkan dampak yang mengakibatkan kerusakan terhadap saluran maupun infrastruktur irigasi, genangan/banjir yang merendam sawah serta gagal panen yang ditimbulkan akibat banjir kemudian bersama-sama yang merupakan tindaklanjut kerusakan jaringan akibat bencana.

“Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita guna meningkatkan kinerja Daerah Irigasi sehingga dapat meningkatkan produktivitas tanam dan program ketahanan panganterpenuhi, serta menyelesaikan permasalah pada tiap Daerah Irigasi,” katanya.

Dalam kegiatan ini disampaikan paparan kegiatan TPOP Wilayah Kerja Madiun (D.I. SIM, D.I. Asin Bawah, D.I. Jejeruk, D.I. Waduk Pondok, dan D.I. Sungkur), kegiatan TPOP Wialayah Kerja Bojonegoro (D.I. Pacal, D.I. Bengawan Jero, D.I. Gondang, D.I. Beron, dan D.I. Prijetan), dan kegiatan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Kewenangan Pemerintah TA. 2022 di Wilayah Sungai Bengawan Solo. BBWSBS mengapresiasi SKPD TPOP Provinsi Jawa Timur telah mencapaiprogress keuangan dan fisik lebih dari 75% padaakhir Triwulan III TA. 2022. (HUMAS/Arif)