/**Begin Google Analytics**/ /** End Google Analytics**/

Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) melalui Bidang Operasi & Pemeliharaan (O & P) SDA Bengawan Solo melaksanakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk Pelaksanaan dan Pengelolaan Irigasi TPOP BBWSBS di Aston Hotel City Bojonegoro, Jawa Timur, pada Selasa-Jumat (25-28/10/2022).

Kegiatan yang di hadiri oleh Kepala Bidang O & P SDA Bengawan Solo, Sri Wahyu Kusumastuti dan pejabat di lingkungan BBWSBS, Kepala Satuan Kerja SKPD TP-OP Dinas PU SDA Prov. Jawa Timur, Kepala UPT PSDA WS Bengawan Solo di Bojonegoro, serta peserta yang terdiri dari Daerah Irigasi (D.I.) Madiun, Bendung Madiun, dan D.I. Bojonegoro tersebut dilaksanakan dengan menerapkan prokes pencegahan Covid-19.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan Kapasitas SDM pada O & P Infrastruktur SDA khususnya Petugas O & P Irigasi TPOP di Wilayah Sungai (WS) Bengawan Solo. Sehingga Petugas O & P SDA Irigasi dapat memahami dan melaksanakan tugas fungsi yang sesuai untuk menunjang keberlangsungan serta kelancaran kegiatan O & P yang berkatian tentang irigasi di WS Bengawan Solo.

Tujuan irigasi adalah mengalirkan air secara teratur sesuai kebutuhan tanaman pada saat persediaan kelembaban tanah tidak mencukupi untuk mendukung pertumbuhan tanaman, sehingga tanaman bisa tumbuh secara normal. Pemberian air irigasi yang efisien selain dipengaruhi oleh tatacara aplikasi, juga ditentukan oleh kebutuhan air guna mencapai kondisi air tersedia yang dibutuhkan tanaman.

Wilayah kerja Daerah Irigasi (D.I.)BBWSBS memiliki luas sebesar 100.148 Ha. D.I. BBWSBS terbagi menjadi 12 D.I. yang terdiri 2 D.I. yang dikelola sendiri oleh BBWSBS yaitu; D.I. Colo, D.I. Semen Krinjo, serta 10 D.I. yang di TPOP-kan yang terdiri dari D.I. Jejeruk, D.I. Asin Bawah, D.I. SIM, D.I. Pacal, D.I. Gondang, D.I. Bengawan Jero, D.I. Waduk Prijetan, D.I. Waduk Pondok, D.I. Waduk Sungkur, dan D.I. Beron.

Dalam sambutannya, Sri Wahyu Kusumastuti menyampaikan jika untuk menunjang keberlangsungan kegiatan O & P Irigasi maka diperlukan dukungan SDM.

“Dengan adanya Peningkatan Kapasitas SDM ini diharapkan Petugas TPOP di wilayah kerja BBWSBS dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik guna menunjang keberlangsungan serta kelancaran kegiatan O & P Irigasi yang ada,” ujarnya.

Kegiatan berlanjut dengan pemaparan materi terkait wilayah kerja D.I. TPOP, tugas dan fungsi Petugas Irigasi TPOP dalam O & P Irigasi dan pelatihan Sitem Manajemen O & P Irigasi (SMOPI) yang diikuti oleh seluruh peserta. (HUMAS/Fira)