/**Begin Google Analytics**/ /** End Google Analytics**/

Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air (TKPSDA) Wilayah Sungai (WS) Bengawan Solo menggelar acara Sidang Pleno IV TKPSDA WS Bengawan Solo di The Alana Hotel & Convention Center, di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (24/11/2022). Acara yang dilaksanakan secara tatap muka tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai Bengawan Solo yang selanjutnya disebut TKPSDA WS Bengawan Solo merupakan wadah koordinasi yang dibentuk melalui Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 303/KPTS/M/2019 tentang Pembentukan Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai Bengawan Solo. TKPSDA WS Bengawan Solo mempunyai tugas dan fungsi membantu Menteri PUPR dalam koordinasi pengelolaan sumber daya air, khususnya WS Bengawan Solo. Susunan keanggotaan TKPSDA WS Bengawan Solo periode 2019 – 2024 berjumlah 74 (tujuh puluh empat) anggota dengan komposisi 37 (tiga puluh tujuh) anggota dari unsur Pemerintah dan 37 (tiga puluh tujuh) anggota dari unsur Non Pemerintah.

Maksud dan tujuan sidang pleno IV TKPSDA ini adalah untuk membahas sinkronisasi program dan kegiatan pengelolaan SDA yang dilaksanakan oleh BBWS Bengawan Solo bersama instansi terkait di lingkungan WS Bengawan Solo dan monitoring evaluasi penyusunan Review Pola PSDA dan Rencana PSDA WS Bengawan Solo yang saat ini sedang dilaksanakan oleh BBWS Bengawan Solo. Bidang Keterpaduan Pembangunan Infrastruktur SDA BBWS Bengawan Solo turut menyampaikan materi tentang hasil pemantauan pelaksanaan RPSDA di WS Bengawan Solo dan Progres Penyusunan Review Pola Pengelolaan SDA WS Bengawan Solo. Bappeda Provinsi Jawa Tengah menyampaikan materi tentang program dan kegiatan tahun 2022 dan 2023 di Provinsi Jawa Tengah serta Bappeda Provinsi Jawa Timur menyampaikan materi tentang program dan kegiatan tahun 2022 dan 2023 di Provinsi Jawa Timur.

Dalam Sidang Pleno IV kali ini, disampaikan juga berita acara hasil Sidang Komisi sebagai usulan rekomendasi oleh masing-masing Ketua Komisi. Komisi 1 (Konservasi SDA dan Pemberdayaan Masyarakat) menyampaikan usulan rekomendasi terkait dengan monitoring dan evaluasi pelaksanaan penambangan minerba dan reklamasi pasca tambang Kali Woro dan upaya rehabilitasi sub-DAS Keduang DAS Bengawan Solo. Komisi 2 (Pendayagunaan SDA) menyampaikan usulan rekomendasi terkait dengan Pedoman Operasi dan Pemeliharaan (O&P) Bendungan dan Waduk Tukul di Kabupaten Pacitan, Bendo di Kabupaten Ponorogo, Gongseng di Kabupaten Bojonegoro, dan Pidekso di Kabupaten Wonogiri serta Rencana Pengelolaan Bendungan Kedung Bendo di Kabupaten Ngawi dan Ketro di Kabupaten Sragen serta Pendayagunaan SDA di Telaga Pasir Kabupaten Magetan. Komisi 3 (Pengendalian Daya Rusak Air dan Pengelolaan SIH3) menyampaikan usulan rekomendasi terkait dengan Potensi Cuaca Ekstrim Hidrometeorologi pada Musim Hujan 2022/2023 di WS Bengawan Solo.

Kepala Sekretariat TKPSDA WS Bengawan Solo, Sri Wahyu Kusumastuti, dalam sambutannya menyampaikan beberapa poin bahwa sampai dengan saat ini, Sekretariat telah memfasilitasi pelaksanaan kegiatan TKPSDA WS Bengawan Solo Tahun 2022, yang meliputi: Sidang Pimpinan pada bulan Februari; Masa Sidang I, yang terdiri dari Sidang Komisi dan Sidang Pleno I pada bulan Maret yang dilanjutkan dengan penyampaian rekomendasi Masa Sidang I; Masa Sidang II, yang terdiri dari Sidang Komisi dan Sidang Pleno II pada bulan Mei yang dilanjutkan dengan penyampaian rekomendasi Masa Sidang II; Sidang Pansus PSIH3 WS Bengawan Solo pada bulan Juli; Sidang Pansus RAAT WS Bengawan Solo Tahun 2022-2023 pada bulan Juli; Masa Sidang III, yang terdiri dari Sidang Komisi dan Sidang Pleno III pada bulan Agustus yang dilanjutkan dengan penyampaian rekomendasi Masa Sidang III; dan Pemantauan tindak lanjut rekomendasi pada bulan April.

“Saat ini, kita melaksanakan serangkaian Masa Sidang ke IV TKPSDA WS Bengawan Solo yang didahului dengan kunjungan lapangan ke DAS Keduang untuk Komisi 1 dan ke Telaga Pasir/ Sarangan untuk Komisi 2 dan 3, pada hari Selasa, 22 November dan Sidang Komisi pada hari Rabu, 23 November dengan serangkaian agenda pembahasan termasuk hasil tinjauan lapangan. Pada hari ini kita melaksanakan Sidang Pleno sebagai sidang terakhir di tahun 2022,” pungkasnya. (BWBSBS/Humas).