Berita BBWS Brantas


Penanaman Pohon Buah Di Sempadan Bendungan Lahor

Hari Rabu (16/11), Balai Besar Wilayah Sungai Brantas menyelenggarakan acara Tanam Pohon Buah di Desa Jambuwer, Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang. Acara ini merupakan bagian dari kegiatan Community Participatory (CP) program Dam Operational and Safety Project Phase II (DOISP-II) di wilayah kerja BBWS Brantas Tahun Anggaran 2022.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bagian Umum dan Tata Usaha Brantas, para Kabid di BBWS Brantas dan Kasatker OP SDA Brantas. Selain itu, turut ikut serta Kepala Sub Divisi ASA I, Kepala Bidang OP dan PPSDA Dinas PU SDA Kab. Malang, Kabid Dinas Perikanan Kab. Malang, Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kab. Malang dan PJT 1, Camat dan Koramil beserta Kapolsek Kromengan, Perangkat Desa Jambuwer serta Fasilitator CP DOISP II.

Kegiatan penanaman ini merupakan implementasi dari program DOISP II yaitu partisipasi masyarakat yang dilaksanakan di 7 desa untuk Bendungan Lahor dan 5 desa untuk Bendungan Sengguruh yang sebelumnya sudah dibentuk 12 kelompok masyarakat (pokmas), 2 Forum Komunitas Waduk serta 2 Forum Komunitas Daerah Tangkapan Air untuk masing-masing bendungan.

“Kami akan memberikan suntikan/stimulus atau semangat nyata dengan pemberian bibit buah sebanyak 950 bibit yang tersebar di beberapa desa dan pada hari ini di Desa Jambuwer sebanyak 200 bibit buah jambu darsono. Semoga bisa bermanfaat bagi kelestarian lingkungan, dapat menjaga stabilitas tanah dari erosi sehingga menekan sedimen yang akan masuk ke waduk/sungai serta dapat memberikan manfaat secara ekonomi bagi kelompok masyarakat di desa Jambuwer,” Ujar Kepala Bidang OP SDA Brantas dalam sambutannya.

Beliau berharap tidak hanya penanaman pohon, namun seluruh program DOISP II dapat terimplementasikan dengan baik demi terjaganya keamanan fungsi Bendungan Lahor dan Bendungan Sengguruh.
 

Share this Post