TKPSDA Serbog Gelar Sidang Komisi I Bahas Konservasi dan Pendayagunaan SDA

Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air (TKPSDA) Wilayah Sungai Serayu Bogowonto (Serbog) melaksanakan Sidang Komisi I pada Kamis (9/9) dengan mengangkat tema Konservasi Sumber Daya Air dan Pendayagunaan Sumber Daya Air. Kepala Bidang OP BBWS Serayu Opak yang juga menjadi Ketua Sekretariat TKPSDA, Pramono, mengatakan bahwa dalam melaksanakan tugasnya, TKPSDA Wilayah Sungai Serayu Bogowonto menyelenggarakan fungsi koordinasi melalui pengintegrasian dan penyelarasan kepentingan sektor, antar wilayah, serta antar pemilik kepentingan dalam pengelolaan sumber daya air pada Wilayah Sungai Serayu Bogowonto.

“Koordinasi dan integrasi ini diharapkan menjadi solusi atas permasalahan-permasalahan yang terjadi. Baik keterkaitan antara hulu dan hilir, maupun keterkaitan dengan kegiatan lain yang juga sedang dilaksanakan di lokasi yang sama,” ujar Pramono.

Dirinya juga mengingatkan bahwa anggota TKPSDA perlu mengetahui posisi pentingnya sebagai perwakilan dari instansi pemerintah ataupun non pemerintah dalam TKPSDA. Beberapa permasalahan yang terjadi adalah anggota belum mengetahui secara menyeluruh hak dan kewajiban anggota dalam TKPSDA. Hal ini menyebabkan fungsi TKPSDA menjadi kurang optimal.

Untuk dapat menjalankan fungsi tersebut, perlu adanya penguatan kapasitas kelembagaan. Lebih lanjut, anggota TKPSDA merupakan penggerak utama dalam koordinasi sehingga penguatan kelembagaan dapat membuat anggota TKPSDA menjadi lebih aktif dalam kegiatan Sidang TKPSDA dan menjadi agen kampanye pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan dalam masyarakat.

“Harapan kami dengan diselenggarakannya sidang kali ini dapat memberikan manfaat dalam pelaksanaan sidang ke depannya, dan dapat menghasilkan rumusan usulan rekomendasi kesepakatan bersama diantara anggota TKPSDA terkait upaya peningkatan kelembagaan pengelolaan sumber daya air dalam wadah TKPSDA dan di luar TKPSDA dalam lingkup wilayah sungai,” tutup Pramono. (as/ifn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.