Warga Wadas Meminta Pembebasan Lahan Bendungan Bener Segera Dilaksanakan

Sejumlah perwakilan warga Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo dengan didampingi Kepala Desa Wadas Fahri Setyanto dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Nyi Ageng Serang mendatangi kantor Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak di Yogyakarta, Kamis (17/9). Kedatangan warga tersebut dalam rangka audiensi terkait pembangunan Bendungan Bener di Kabupaten Purworejo. Intinya, warga menyatakan dukungannya terhadap pelaksanaan pembangunan Bendungan Bener yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN). Sehingga, warga berharap agar proses pembangunan, termasuk pengukuran dan pembebasan lahan dapat dipercepat dan segera diselesaikan.

Rombongan diterima oleh Kepala Bagian Umum dan Tata Usaha BBWS Serayu Opak Pradah Dwiatmanta, PPK Bendungan II Triyanto, PPK Pengadaan Tanah Pembangunan Bendungan BBWS Serayu Opak Hery Prasetyo, dan Ketua Tim Pelaksana Tugas Hukum dan Kompu Sukirman.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Desa Wadas meminta untuk segera dilaksanakan proses pengukuran dan pembebasan tanah. Ia juga mengatakan, warga Wadas siap bekerjasama dengan instansi pemerintah untuk mengawal proses pengukuran dan pembebasan tanah. “Proses ini perlu segera diselesaikan untuk menghindari adanya potensi konflik. Sehingga jika ada pelaksanaan pengukuran, maka perlu dilakukan secara matang sehingga kegiatan dapat berjalan lancar,” ujarnya.

Sementara itu, Danang Kuncoro Wijaya dari LBH Nyi Ageng Serang mengatakan proses pembangunan Bendungan Bener seyogyanya dapat segera dilanjutkan, sebab gugatan terhadap Izin Penetapan Lokasi (IPL) sudah ditolak PTUN Semarang.  “Surat keputusan dari PTUN ini dapat menjadi dasar untuk melangkah,” ujarnya.

Menanggapi pernyataan warga tersebut, PPK Bendungan II Triyanto mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas dukungan warga masyarakat terhadap pembangunan Bendungan Bener. Dirinya menjelaskan BBWS Serayu Opak saat ini sedang melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah (Pemkab Purworejo dan Pemprov Jawa Tengah) untuk melaksanakan langkah selanjutnya. Sebab pelaksanaan pembangunan, terutama di Desa Wadas perlu dilakukan dengan hati-hati.

Sementara itu, , PPK Pengadaan Tanah Bendungan BBWS Serayu Opak Hery Prasetyo mengatakan BBWS Serayu Opak sudah berkoordinasi dengan aparat penegak hukum untuk bantuan pengamanan. Di sisi lain, Polres Purworejo meminta adanya koordinasi dengan pemkab dan pemprov. “Saat ini kami masih melakukan koordinasi mengenai waktu yang tepat untuk pelaksanaan pengukuran. Sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar meskipun kemungkinan ada potensi hambatan,” paparnya. (ifn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.