Kunjungan Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat ke Unit Alokasi Air BWS Nusa Tenggara I


  04 August 2021 | Admin




Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat, Dr. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc., yang didampingi Kepala BWS Nusa Tenggara I, Dr. Ir. Hendra Ahyadi .,MT., melakukan kunjungan ke Unit Alokasi Air BWS NT I, Selasa 3 Agustus 2021.

Dalam kesempatan ini Kepala BWS Nusa Tenggara I menjelaskan pentingnya keberadaan sarana irigasi dan pengelolaan sumber daya air, terlebih potensi kekeringan yang mengancam mengharuskan eksistensi dam penampung dan salurannya mulai menggunakan teknologi tinggi maka dari itu pada kesempatan ini BWS Nusa Tenggara I mengharapkan dukungan dari Pemerintah Provinsi NTB terhadap usulan Program Revitalisasi Sarana Irigasi HLD (High Level Diversion).

High Level Diversion (HLD) itu sendiri adalah skema sistem pembagi air dengan dua saluran induk interdependen dan 24 saluran dependen yang terkoneksi dengan 249 Head Work (bangunan utama irigasi) Pemanfaatannya untuk irigasi lahan seluas 98 ribu Ha, air baku untuk 1,17 juta kepala keluarga dan 610 juta m3 listrik. Disamping itu akses jalan yang berada disepanjang jaringan irigasi HLD dapat dimanfaatkan sebagai jalur bersepeda atau sebagai tempat berlangsungnya event nasional/internasional untuk mendukung Sport Tourism di Pulau Lombok.


Tags : Kementerian PUPR DitjenSDA BWS Nusa Tenggara I Pemprov NTB